alexametrics

Aneh, Bangunan Karaoke Tak Berizin Dialiri Listrik PLN

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Pemasangan aliran listrik di sejumlah tempat hiburan karaoke, utamanya yang menempati lahan bantaran Sungai Kalijajar disayangkan pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Saat melakukan pembongkaran terhadapan rumah hiburan bersama petugas gabungan, alat berat sempat kesulitan melakukan pembongkaran lantaran masih terpasang kabel dan spedo listrik di bagian tembok tempat hiburan tersebut. Untuk mengurangi risiko pembongkaran itu, maka petugas PLN setempat dilibatkan untuk ikut mencopot kabel yang beraliran listrik tersebut.

Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Kementerian PUPR, Arianto mengatakan, tempat hiburan di tepi Sungai Kalijajar adalah bangunan tidak berizin. Karena itu, kata dia, mestinya PLN tidak dengan mudah memasang aliran listrik di bangunan tempat hiburan tersebut. “Bangunan tersebut tidak berizin seharusnya tidak bisa dipasang listrik,” ujarnya.

Baca juga:  Gelar Giat Operasional Pembinaan Kader IMP bagi PPKBD Kecamatan Sayung

Karena itu, untuk mengatasi aliran listrik tersebut, tim gabungan mengikutsertakan petugas PLN untuk membantu mencopot kabel listrik yang sudah lama terpasang tersebut. Dengan demikian, upaya pembongkaran bangunan dapat berjalan lancar.

Saat dikonfirmasi masalah pemasangan listrik di tempat hiburan tan berizin tersebut, Manajer UP3 PLN Demak Ahmad Syamsuri melalui Bagian Humas PLN Demak, Saskia mengungkapkan, pada prinsipnya PLN hanya melayani permohonan pelanggan yang hendak memasang aliran listrik di bangunan miliknya.

Karena itu, kata dia, pemasangan listrik bisa dilaksanakan ketika sudah memenuhi persyaratan administratif yang ada. Seperti, adanya Sertifikat Laik Operasi (SLO) dalam pemasangan instalasi dan lainnya. “Kalau memang sudah sesuai persyaratan tentu kita pasang sesuai permintaan pelanggan atau konsumen. Kecuali, pemasangan bisa tidak dilakukan jika sebelumnya ada pemberitahuan dari instansi terkait agar PLN tidak perlu memasang aliran listrik tersebut lantaran ada masalah dalam pendirian bangunan seperti di tepi sungai tersebut,” katanya.

Baca juga:  Pelanggan Biznet Naik 30 Persen

Saskia menambahkan, meskipun sebelumnya ada pemasangan lsitrik, namun saat pembongkaran bangunan dilakukan petugas PLN turut membantu mencopot aliran listrik yang ada tersebut. “PLN ikut dilibatkan,” ujarnya. (hib/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya