Mudik dari Kediri dan Rembang, Ratusan Santri Dicek Kesehatan

254
Para santri yang mudik didata dan diperiksa kesehatannya digedung KONI kemarin. (Wahib Pribadi/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID, Demak – Ratusan santri yang dipulangkan sementara dari Pondok Pesantren (Ponpes) di Jawa Timur dan Jawa Tengah langsung dicek kesehatannya oleh petugas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat. Ini dilakukan untuk memastikan apakah ada yang mengidap virus korona atau tidak. Pengecekan kesehatan dipusatkan di gedung KONI, Jalan Sultan Hadiwijaya, Kota Demak yang berlangsung dalam tiga hari terakhir.

Para santri tersebut dipulangkan dari ponpes masing masing, antara lain dari Lirboyo Kediri dan Sarang Rembang dengan menggunakan sejumlah bus. Sesampainya di Demak, mereka langsung diarahkan berhenti di gedung KONI untuk menjalani pemeriksaan kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Demak, Guvrin Heru Putranto menyampaikan, pemeriksaan kesehatan bagi santri tersebut diperlukan untuk mendeteksi suhu tubuh dan kondisi kesehatan santri lainnya. “Kalau nanti mau balik ke pondok dan dalam masa inkubasi tidak menunjukkan tanda klinis kearah korona, yang nggak diperiksa lagi,”katanya. Penanganan persebaran covid-19 sendiri dilakukan petugas gabungan baik dari Dinkes, Kesra, Polres, Kodim dan instansi terkait lainnya. (hib/bas)





Tinggalkan Balasan