alexametrics

DPD PAPPRI Tanamkan Nilai Kebangsaan melalui Pentas Seni

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Ratusan warga dari berbagai usia, memadati halaman SD Banjarejo, Gabus, Kecamatan Guntur, Demak, kamis siang (12/3/2020). Mereka antusias menikmati beragam acara seni budaya yang ditampilkan para seniman di atas panggung.

Kegiatan seni budaya, yang diselenggarakan Dewan Persatuan Daerah Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (DPD-PAPPRI) Jawa Tengah itu dalam rangka memperingati Hari Musik Nasional.

“Ini adalah salah satu cara kita mensosialisasikan ke masyarakat bahwa ada hari musik nasional yang kita peringati setiap tanggal 9 maret, karena itu sengaja kita tampilkan pentas seni musik dan budaya ditengah warga Guntur” ungkap Ping Arifin, S.Sos, Ketua Bidang Apresiasi Seni dan Budaya DPD PAPPRI Jateng.

Baca juga:  Warga Kendal Lumpuh Setelah Melahirkan, Keluarga Polisikan RS Hermina

Beragam genre musik dan budaya di tampilkan di atas panggung, mulai dari musik dangdut hingga qasidah, serta tari-tarian yang dibawakan para siswa.“Sengaja kita tampilkan semua genre musik dan atraksi kesenian untuk menunjukkan bahwa kita kaya akan khasanah musik serta budaya” imbuh pria yang akrab dipanggil Arifin ini.

Tidak hanya menghibur masyarakat, pentas seni dan budaya ini, menurut Siswadi Suryanto, SH, M.Hum, Kepala Bidang Ketahanan Bangsa Kesbangpol Prov Jateng, juga sarat dengan nilai-nilai kebangsaan.

“Seni budaya ini adalah warisan dari generasi ke generasi yang harus kita jaga, karena warisan ini adalah perekat bangsa dalam menjaga keutuhan NKRI,” tutur Siswadi dalam pesannya di hadapan masyarakat dan seniman DPD PAPPRI Jateng.

Baca juga:  Kebun Sayuran Milik Kodim Jadi Jujukan

Kegiatan seni budaya yang di adakan DPD PAPPRI Jateng ini, tambah Siswadi Suryanto, merupakan salah satu upaya untuk menjaga warisan tersebut.“Karena banyak seni budaya kita yang terdesak oleh kebudayaan asing, bahkan ada yang punah, karena kita tidak mampu menjaganya” tandas Kabid Ketahanan Bangsa Kesbangpol Jateng ini.

Oleh karena itu, dia mengapresiasi kegiatan yang di adakan DPD PAPPRI Jateng, yang menggelar pentas seni budaya sekaligus menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada generasi muda, melalui pentas musik serta atraksi kesenian. (sls/bas/adv)

Atraksi seni tari turut memeriahkan pentas seni budaya daerah. (Istimewa)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya