alexametrics

Tangkal Radikalisme Dikalangan Pemuda

Artikel Lain

RADARSEMARNG. ID, DEMAK, – Bahaya radikalisme tetap menjadi ancaman serius bagi bangsa ini. Sebab, ideologi kekerasan tersebut mulai merasuk ke berbagai kalangan, termasuk para generasi muda. Demikian terungkap dalam kegiatan wawasan kebangsaan yang dibuka Kepala Kantor Kesbangpolinmas, Agus Herawan kemarin.(WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG).

Wakil Ketua DPRD Demak dari Fraksi PKB, Zayinul Fata mengatakan, paham radikal (Radikalisme) merupakan fakta yang harus dihadapi bangsa ini. Karena itu, semua elemen bangsa harus bersatu padu dalam mengikis paham tersebut.

“Kita semua harus berupaya bagaimana radikalisme bisa diatasi dengan baik. Salah satu caranya adalah memberikan pemahaman yang benar kepada generasi muda tentang wawasan kebangsaan termasuk bela Negara melalui lembaga pendidikan. Selain itu, membekali keterampilan yang memadai untuk para pemuda sehingga punya skill yang baik dalam menjalani kehidupannya,” katanya.

Baca juga:  Menteri KKP Janji Bantu Cold Storage Kapasitas 20 Ton

Dandim Letkol Arh Mohamad Ufiz mengungkapkan, pemahaman bela Negara bagi pemuda sangat diperlukan demi masa depan bangsa Indonesia. “Perlu kita ketahui, bahwa generasi muda kita harus memiliki jiwa patriotism dan nasionalsime yang tinggi,”katanya. Mereka, kata Dandim, setidaknya memahami nilai nilai yang terkandung dalam lima butir Pancasila sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Senada disampaikan Kepala Kesbangpolinmas Agus Herawan. Menurutnya, membangun karakter bagi generasi muda dapat melalui berbagai kegiatan, termasuk wawasan kebangsaan tersebut. Diantaranya dengan menumbuhkan kearifan lokal dan memperkuat daya saing yang unggul. “Hal yang paling mendasar adalag membangun karakter. Yaitu, membentuk pribadi yang intelek, berbudi luhur dan berdayasaing tinggi,” katanya. (hib/bas)

Baca juga:  Jalan Utama Macet, Jalan Alternatif Onggorawe-Mranggen Juga Padat Merayap

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya