alexametrics

Fathan Desak Pemulihan Infrastruktur Pasca Banjir Trimulyo

Bantu Korban Banjir Bersama Bea Cukai

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID,  DEMAK-Wakil Ketua Komisi XI DPR RI dari Fraksi PKB, H Fathan Subchi mendesak pemerintah terkait untuk segera melakukan recovery atau pemulihan infrastruktur pasca banjir di Desa Trimulyo, Kecamatan Guntur. Setidaknya, ada 5 desa yang terkena banjir. Karena itu, selain infrastruktur jalan, yang mendesak diperbaiki adalah saluran irigasi, jalan pertanian, sarana prasarana sekolah dan lainnya termasuk gedung madrasah yang ikut terdampak banjir akibat jebolnya Sungai Tuntang beberapa waktu lalu.

Hal ini disampaikan Fathan disela memberikan bantuan sosial bersama Firstimasdiani selaku pejabat Perwakilan Bea Cukai Jateng-DIY di Balai Desa Trimulyo kemarin. Diantaranya berupa 700 paket sembako senilai Rp 30 juta dan uang tunai sebesar Rp 36 juta. Bantuan diterima langsung Kades Trimulyo, Suwandi dan disaksikan Kabid Kedaruratan BPBD Demak Suprapto. Sebelumnya, bantuan logistik dan lainnya juga diberikan Fathan bersama mitra BRI dan BNI. Juga bantuan sembako 500 dus melalui Muslimat NU Guntur. Menurutnya, pemulihan infrastruktur adalah salah satu cara mengembalikan kehidupan masyarakat yang terdampak banjir.

Baca juga:  Bea Cukai Semarang Gagalkan Penyelundupan Sabu dari Afrika

“Kami dari DPR RI turut mendorong recovery infrastruktur tersebut bisa segera dilakukan. Ini menjadi prioritas penganggaran di APBN dan APBD. Kalau menjadi siklus tahunan, mestinya APBD Demak juga harus ada untuk penanggulangan bencana seperti ini. Sebab, ini juga bagian dari partisipasi kami selaku wakil rakyat terkait fungsi pengalokasian anggaran. Jadi, yang penting adalah recovery-nya,”ujar wakil rakyat dari dapil Demak, Kudus dan Jepara ini.

Senada disampaikan Wakil Ketua DPRD Demak dari Fraksi PKB Zayinul Fata. Dia menambahkan, upaya recovery pasca banjir diperlukan, termasuk bantuan subsidi untuk petani gagal panen serta sekolah yang kena banjir. Pihaknya yang bertugas di DPRD Demak juga turut mendorong perbaikan infrastruktur jalan, saluran irigasi dan gedung gedung sekolah yang rusak akibat banjir. “Recovery ini penting sebagai bentuk kepedulian dan keberpihakan kepada rakyat korban banjir. Mas Fathan Subchi sendiri selaku anggota DPR RI juga telah membantu setidaknya 50 titik irigasi dari Kementerian PU. “Mudah mudahan perjuangan kami di PKB ini bisa bermanfaat untuk masyarakat,”kata Zayinul Fata yang juga Sekretaris DPC PKB Demak ini.

Baca juga:  Pesona Pujatim Raih Peringkat I Lomba Kampung Juara

Perwakilan Bea Cukai Jateng DIY, Firstimasdiani mengatakan, bantuan dari Bea Cukai diberikan sebagai bentuk kepedulian dan untuk meringankan beban korban banjir di Desa Trimulyo dan sekitarnya. “Mudah mudahan menjadi berkah,”katanya. (hib)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya