alexametrics

Sempat Kejar-Kejaran, Puluhan Anak Jalanan Diamankan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DEMAK- Puluhan anak jalanan berhasil diamankan dalam razia yustisi dengan sasaran Pengemis, Gelandangan dan Orang Terlantar (PGOT). Operasi digelar aparat gabungan dari Satpol PP. Sebanyak 34 anak jalanan terciduk dalam kegiatan menjelang tahun baru tersebut.

Mereka diamankan petugas saat sedang mencegat atau menghadang truk tronton di jalan raya Demak-Purwodadi, tepatnya di depan gedung IPHI Kecamatan Dempet. Sempat terjadi aksi kejar kejaran dengan petugas dan masyarakat yang ikut membantu mengamankan mereka.

Kepala Satpol PP Pemkab Demak Ridhodin mengatakan, anak-anak jalanan tersebut ada yang dari Demak sendiri, kemudian berasal dari Pekalongan, Tegal dan Purwodadi. Dalam pengakuan mereka, ada yang barusan pulang dari menghadiri pengajian salawat.

Baca juga:  Meresahkan, Sepuluh Anak Jalanan Diamankan

Dia menambahkan, razia dilakukan setelah petugas Satpol PP mendapati laporan masyarakat yang merasa resah dengan keberadaan anak jalanan tersebut. Mereka kerap menghadang kendaraan truk yang lewat untuk minta tumpangan. “Kita lakukan operasi dan pengamanan. Mereka kita bawa ke Kantor Satpol PP untuk didata dan diberi wejangan jangan sampai mengulangi perbuatannya lagi. Sebab, meresahkan masyarakat,” ujarnya.

Pendataan dilakukan petugas kerjasama dengan Dinas Sosial Pemkab Demak. Setelah itu, mereka dibawa ke rumah rehabilitasi Dinas Sosial setempat. “Setelah kita data, sempat ada keluarga mereka dari Pekalongan yang langsung menjemput anaknya,” ujar Ridhodin.

Anak anak jalanan tersebut sudah beberapa hari tidak pulang. Mereka kemudian dicari keluarganya. (hib/bas)

Baca juga:  Sosialisasikan Kespro dan Stunting Bagi Calon Pengantin di Balai Desa Bumirejo Kecamatan Karangawen

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya