alexametrics

Gerebek Pabrik Rokok Ilegal

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DEMAK – Bea Cukai Jateng DIJ menggerebek pabrik rokol ilegal. Tepatnya, di Desa Bakung, Kecamatan Mijen. Hasilnya, petugas menemukan ratusan ribu rokok ilegal dalam pabrik yang terletak ditepi jalan raya Demak-Welahan Jepara tersebut.

Tercatat ada 675.060 batang rokok ilegal dengan perkiraan nilai barang sebesar Rp 482.667.900 dan perkiraan kerugian Negara sebesar Rp 318.672.198. Penggerebekan dilakukan setelah mendapati laporan warga bahwa disebuah rumah jika malam terdengar suara mesin dan tercium bau rokok.

Direktur Jenderal Bea Cukai Heru Pambudi melalui Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jateng DIJ, Tri Wikanto mengatakan, petugas juga mengamankan enam buah mesin produksi. Terdiri dari tiga mesin pembuat rokok dan tiga mesin pengemas. “Jadi, mesin mesin ini diduga digunakan untuk memproduksi miliaran rokok illegal,” katanya disela pemusnahan barang bukti rokok ilegal digudang pabrik kemarin.

Baca juga:  Negara Rugi Rp 355 Juta

Dia menambahkan, sebelum digerebek telah dilakukan lebih dulu pengintaian dan penyelidikan intensif selama tiga hari. Termasuk membuntuti sebuah mobil minibus Granmax keluar dari halaman pabrik. Petugas pun melakukan pengejaran hingga akhirnya terjadi aksi dramatis. Sopir mobil pemuat rokok ilegal itu sempat lompat dari mobil dan melarikan diri. Adapun, mobil yang ditinggal kabur sopir menabrak tiang listrik hingga rusak berat bagian depan. Mobil menabrak tiang listrik di wilayah Desa Kalipucang, Kecamatan Welahan, Jepara.

Menurut Tri Wikanto, hingga kini Bea Cukai Jateng DIJ telah menghasilkan 398 penindakan rokok illegal senilai Rp 44,8 miliar dengan potensi kerugian Negara yang berhasil diselamatkan mencapai Rp 39,8 miliar. “Jika dibandingkan tahun 2018, jumlah rokok yang diamankan naik 40 persen dan potensi kerugian negara yang diamankan naik 67 persen,” katanya. (hib/bas)

Baca juga:  Gagalkan Peredaran Rokok Ilegal, Hasil Tembakau Dilekati Pita Cukai Bekas

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya