alexametrics

Pilkades jadi Pesta Rakyat

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID,  DEMAK – Pemilihan kepala desa (pilkades) di  enam desa di wilayah Demak menjadi ajang pesta rakyat. Yang menarik, dalam pilkades seperti ini juga menjadi ajang pertarungan partai politik (parpol) yang memiliki wilayah atau basis konstituen didesa terkait.  Juga pertarungan bobotoh.

Terkait pelaksanaan pilkades ini, Bupati HM Natsir bersama Kapolres Demak AKBP Fidelis Purna Timoranto, Sekda dr Singgih Setyono MMR turut memantau pelaksanaan pilkades tersebut. Bupati menyampaikan, pilkades berjalan dengan lancar. Masyarakat antusias untuk menggunakan hak pilihnya. “Semua pihak ikut mensukseskan pilkades di 6 desa ini,” katanya.

Yaitu, pilkades di Desa Batursari, Kecamatan Mranggen, Desa Kuripan, Kecamatan Karangawen, Desa Kerangkulon, Kecamatan Wonosalam, Desa Harjowinangun, Kecamatan Dempet, Desa Babad, Kecamatan Kebonagung dan Desa Berahan Kulon, Kecamatan Wedung. Kapolres Demak AKBP Fidelis mengatakan, pihaknya telah mengerahkan ratusan personel bersama polsek terkait dalam pengamanan pilkades tersebut.

Baca juga:  Peninggian Jalan Pantura Sayung Selesai

Pilkades di Desa Batursari, Kecamatan Mranggen pemenangnya adalah Sutikno dengan 8.513 suara. Disusul Ahmad Hartanto dengan 3.059 suara dan Nur Kholis 2.679 suara. Suara tidak sah 208 suara. Jumlah DPT 23.459 pemilih. Di Desa Harjowinangun, Kecamatan Dempet pemenangnya Siswanto dengan 2.293 suara. Sedangkan, Sulkin hanya meraup 1.521 suara. Selisih 772 suara. Adapun jumlah suara sah 3.814 dan 31 suara tidak sah. Adapun jumlah DPT 4.279.

Di Desa Berahan Kulon, Kecamatan Wedung, pemenang pilkades yaitu, Imah Candrawati dengan 498 suara. Disusul Sumarjiyo dengan 417 suara dan Sugondo dengan 150 suara. Suara tidak sah 13 suara. DPT 1.146 suara. Di Desa Kerangkulon, Kecamatan Wonosalam pemenangnya adalah Ahmad Saifudin Ridwan dengan 1.434 suara mengalahkan Setyo Jatmiko dengan 1.426 suara. Suara tidak sah 25 suara. DPT 3.297 pemilih.

Baca juga:  Haryanto Pimpin LBH Demak Raya, Siap Perjuangkan Kaum Marjinal

Desa Babad, Kecamatan Kebonagung pemenangnya yaitu H Muhtarom dengan 838 suara dan Handono dengan 833 suara. Tidak sah 10 suara. DPT 1.891 suara. Di Desa Kuripan, Kecamatan Karangawen pemenangnya adalah Suryo Priyono dengan 2.173 suara dan disusul Endro 1.389 suara. Selisih 784 suara dengan DPT 3.870 pemilih. (hib/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya