alexametrics

Waduh! Sedang Direnovasi, Jembatan Betokan Mendadak Ambles

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DEMAK – Jembatan penghubung antar desa, yaitu antara Kelurahan Singorejo dengan Kelurahan Betokan, Kecamatan Demak Kota tiba-tiba ambles. Peristiwa tersebut terjadi saat para pekerja padat karya  sedang melakukan pengecoran permukaan jembatan dengan biaya bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) BRI Demak sebesar Rp 50 juta. Mengetahui jembatan ambles, para pekerja kemudian berlarian untuk menyelamatkan diri. Proses pembangunan untuk sementara dihentikan.

Informasi yang dihimpun, perbaikan pelebaran jembatan dari semula 1,8 meter menjadi 2,5 meter dengan pengecoran itu diperlukan agar bisa dilalui kendaraan roda empat.  Namun, saat diperbaiki justru ambles hingga setengah meter. Pembangunan dimulai sejak Rabu (6/11) lalu. Hingga kemarin, posisi jembatan yang semula lurus kini masih dalam kondisi melengkung dibagian tengahnya.

Baca juga:  Pembebasan Lahan Tambak Terdampak Proyek Tol Semarang-Demak Alot

Mudzakir, warga Kelurahan Betokan mengungkapkan, sebelumnya warga telah mengusulkan kepada pemerintah agar ada pembangunan jembatan yang posisinya cukup strategis penghubung dua desa tersebut. Lantaran belum ada anggaran, akhirnya diusulkan ke BRI untuk memperoleh bantuan CSR dari Bank  BUMN tersebut. “Saat dibangun malah ambles. Semula permukaan jembatan terdiri dari lapisan kayu dan aspal. Kemudian, diperbaiki dengan permukaan cor beton. Warga juga minta agar jembatan dilebarakan untuk akses kendaraan mobil,” katanya.

Dimungkinkan, amblesnya kaki jembatan selain terdorong arus deras Sungai Kalijajar juga diduga tidak kuat menahan beban cor beton yang mencapai sekitar 3 ton. “Sebelumnya perbaikan ditargetkan selesai dalam waktu seminggu. Namun, karena ambles untuk kelanjutannya masih dirapatkan warga,” ujar Mudzakir.

Baca juga:  Geger Penemuan Mayat Wanita dalam Kardus di Demak, Begini Kata Polisi

Camat Demak Kota, HM Syahri mengungkapkan,  amblesnya jembatan Betokan sepanjang 40 meter tersebut telah dilaporkan ke BRI. “Jumat (8/11) dapat CSR dari BRI Rp 50 juta. Baru untuk memoles bagian timur jembatan malah ambles. Kejadian itu sudah dilaporkan ke BRI, tapi belum ada hasilnya,” katanya. (hib/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya