Waduk Jragung Masuk Tahap Lelang

375

RADARSEMARANG.ID, DEMAK – Pembangunan Waduk Jragung mulai dilakukan. Kini, telah masuk tahap lelang. Demikian disampaikan Wabup Joko Sutanto kemarin.

Menurutnya, pembangunan waduk di wilayah selatan Kabupaten Demak berbatasan dengan Kabupaten Semarang terbut diharapkan segera terwujud. “Waduk Jragung sudah positif akan dibangun,” katanya.

Menurutnya, waduk tersebut akan mampu menampung 600 meterkubik  debit air. Kapasitas tampungan air itu lebih besar dibandingkan dengan Waduk Logung di Kabupaten Kudus yang hanya sekitar 100 meterkubik air. “Kelebihan Waduk Jragung ini sudah memiliki jaringan saluran air dibagian bawah. Saluran tersebut selama ini tidak berfungsi atau tidak dipelihara lantaran tidak ada air. Saluran sudah ada sampai pintu bending Guntur,” katanya.

Setelah jadi nanti, manfaat Waduk Jragung dinilai lebih besar. Selain dapat dipakai petani untuk menggarap lahan pertanian, juga bisa membantu pengolahan air minum PDAM. “Adanya air waduk ini nanti setidaknya dapat mengurangi penggunaan air bawah tanah,” ujarnya. (hib/bas)