Pembangunan Ramah Lansia Jadi Perhatian

246

RADARSEMARANG.ID, DEMAK – Para lansia menjadi perhatian Pemkab Demak. Karena itu, pembangunan yang dijalankan juga ramah terhadap lansia.

Demikian disampaikan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Ir Hari Adi Susilo disela rakor komisi daerah lanjut usia (Komda Lansia) diruang pertemuan Dinas Perpustakaan Daerah kemarin.Menurutnya, pembangunan ramah lansia dapat memperpanjang usia harapan hidup. “Sebab, mereka merasa bahagia,” katanya.

Dia menambahkan, Komda Lansia Kabupaten Demak harus mampu menciptakan berbagai kegiatan positif bagi para lansia. Termasuk didalamnya menjalin kemitraan dengan organisasi lansia seperti Pepabri, PWRI, maupun organisasi lansia lainnya.

”Saya minta kepada seluruh pengurus Komda Lansia untuk lebih giat dan proaktif dalam menjalankan tugas. Beri pemahaman kepada para senior kita meski telah berusia lanjut, harus selalu percaya diri, bersikap optimis, tetap mau dan mampu berkarya,” katanya.

Bagi OPD terkait, diminta agar lebih mendukung dan meningkatkan program kegiatannya terkait lansia sesuai tupoksinya ”Rencanakan berbagai program pembangunan yang ramah lansia. Seperti pembangunan ruang terbuka dan bangunan yang ramah lansia, pemberian bekal pelatihan dan keterambilan  lansia serta pemberian advokasi dan bantuan hukum bagi lansia,” kata dia. (hib/bas)