Badko TPQ Cetak Generasi Qurani

146

RADARSEMARANG.ID, DEMAK- Mencetak generasi Qurani menjadi tanggung jawab semua pihak, termasuk Badan Koordinasi Taman Pendidikan Alquran (Badko TPQ). Ketua Badan Koordinator TPQ Kabupaten Demak H Taufik Rifai mengatakan, salah satu cara mencetak generasi Qurani adalah melalui kegiatan festival anak saleh Indonesia (FASI) ke-7.

Melalui kegiatan tahunan itu, dapat dicari generasi unggul yang mengerti dan memahami isi Alquran. “Kita mencari benih unggul generasi Qurani lewat Fasi ini. Ini sesuai dengan tema siapkan generasi Qurani kokoh beraqidah, rajin ibadah, berbudi pekerti luhur serta cinta tanah air dan NKRI,”katanya.

Fasi tersebut, kata dia, sebagai sarana mengasah keterampilan dan kreatifitas anak anak yang ikutserta kegiatan Fasi. Adapun jumlah pesertanya mencapai 387 anak. Terdiri dari kelompok TKQ, TPQ dan TQA atau Ta’limul Qur’an lil Aulad. Untuk materi yang dilombakan adalah tartil, tanfidz Juz Amma, adzan dan iqomah, pengucapan Pancasila dan Pembukaan UUD 1945, mewarnai gambar dan membuat kaligrafi. Selain itu ada pula cerdas cermat Alquran, pidato bahasa Indonesia, Arab dan Inggris, serta pratik salat.

Taufik Rifai mengatakan, para juara akan dikirim ke FASI Jateng pada November mendatang. Diantara prestasi yang diukir adalah juara 1 CCTPQ (cerdas cermat TPQ) tingkat Jateng dan juara IV pada ajang sama di tingkat nasional. (hib/sas)