alexametrics

Jalur Searah Diharapkan Urai Kemacetan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DEMAK – Pemkab Demak melalui Dinas Perhubungan (Dishub) mulai melakukan uji coba satu arah untuk sejumlah ruas jalan di wilayah Kota Demak. Ini dilakukan antara lain untuk mencegah kemacetan lalu lintas yang kerap padat di jalan-jalan protokol kota Demak tersebut.

Kepala Dishub Demak, Heru Asiyanto mengatakan, pemberlakuan sistem satu arah (one way) tersebut dimulai kemarin hingga 18 Oktober mendatang. “Mulai hari ini, Kamis (19/9), kita uji coba satu arah dibeberapa ruas jalan di Kabupaten Demak. Ini bertujuan untuk mengurai kemacetan,” katanya  disela memimpin uji soba satu arah kemarin.

Heru menuturkan, beberapa ruas jalan yang diberlakukan one way adalah kawasan wisata religi Kadilangu, Jalan Kiai Turmudzi, Jalan Kiai Sampang dan Jalan Terminal Bintoro. “Khusus untuk kendaraan roda empat, kita berlakukan one way mulai dari jembatan Betengan hingga pertigaan Sampangan. Dilanjutkan hingga perempatan Makodim 0716 Demak. Sedangkan, dari pertigaan Sampangan hingga lapangan Tembiring, masih bisa dua arah,”katanya.

Baca juga:  Grebeg Besar Ditiadakan, Jamasan Dilakukan Keluarga

Dia menambahkan, bahwa untuk kawasan wisata religi Kadilangu, one way diberlakukan khusus bus Pariwisata mulai dari pertigaan Kadilangu hingga lampu merah (traffic light) Botorejo. Sedangkan untuk sekitar terminal, one way diberlakukan untuk umum. Baik untuk sepeda motor, mobil mapun bus yang akan menuju lapangan Tembiring harus melintasi Jalan Diponegoro, tepatnya didepan d’Limo resto, atau sebelah taman menjangan bagian timur. Sedangkan yang dari arah sebaliknya, harus melintasi jalan yang dekat pos polisi.

Heru mengatakan, untuk mensukseskan sistem satu arah ini, pihaknya bersama instansi terkait akan memasang rambu lalu lintas di ruas jalan yang diberlakukan one way. Dengan demikian, masyarakat akan lebih mengetahui hal ini.  “Masa uji coba akan kami berlakukan selama sebulan. Waktu yang sangat cukup untuk mensosialisasikan kepada masyarakat. Kami berharap masyarakat bisa mematuhi hal tersebut,” katanya.  Sebelumnya sistem satu arah juga diberlakukan di Jalan Kiai Jebat dan Jalan Kiai Palembang. (hib/bas)

Baca juga:  Polres akan Terapkan Sistem One Way di Pantura

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya