alexametrics


Krenova Diramaikan 26 Peserta

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, DEMAK – Lomba krativitas dan inovasi (kreanova) dari bahan limbah sampah yang digelar Dinas Lingkungan Hidup (LH) di Pendopo kemarin berlangsung meriah. Banyak peserta yang menampilkan aneka warna warni sampah yang dibentuk bermacam kreasi atau karya seni unik. Dalam lomba ini, kelompok Ecobric dari Kecamatan Mranggen meraih juara 1 dengan skor 273. Disusul, juara 2 yang diraih Kecamatan Guntur dengan skor 261 dan juara 3 diraih oleh Dinas Perhubungan.

Kepala Dinas LH Pemkab Demak, Agus Musyafa’ mengatakan,  kegiatan krenova tersebut merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan memperingati HUT RI ke-74. Sedangkan Dinas Lingkungkan Hidup mengampu berkaitan dengan seksi keindahan dan kebersihan. “Kita berkolaborasi  dengan Tim Pembina PKK Kabupaten Demak,” ungkap Agus.

Agus menambahkan, lomba krenova ini dimaksudkan untuk mengurangi limbah sampah, utamanya limbah plastik. “Kita ingin mengurangi sampah plastik mulai dari sumbernya. Yakni dari  rumah tangga, kantor, pabrik dan lain sebagainya,” kata dia.

Agus berharap, dengan adanya lomba ini bisa memanfaatkan limbah non kardus dan bisa mengurangi beban Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kabupaten Demak. “Dengan demikian, sampah yang dibuang  di TPA hanya residu (sisa) nya saja,” ujar Agus.

Ia mengungkapkan, bahwa fenomena pembuangan sampah sejauh ini masih mengandalkan pola lama . Yaitu, kumpul,  buang, angkut dan belum ada pemrosesan. “Melalui lomba inilah kita akan ubah pola tersebut menjadi  3 R (reduce, reuse dan recycle),” ujarnya.

Panitia penyelenggara Muhammad Arif menyampaikan, lomba krenova ini merupakan kegiatan rutin yang difasilitasi oleh Dinas LH dan BKK Kabupaten Demak. “Lomba ini diikuti oleh 26 peserta yang terdiri dari OPD dan PKK Kecamatan,” jelasnya. (hib/sct/bas)

Terbaru

Populer