alexametrics

Usulkan Anggaran Pengawasan Pilkada Rp 12,7 M

Ketua Bawaslu Demak Khoirul Saleh

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DEMAK – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Demak telah mengusulkan anggaran pengawasan pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020 sebesar Rp 12,7 miliar. Anggaran tersebut paling besar diantaranya digunakan untuk honor petugas penyelenggara pengawas ad hoc baik ditingkat panwascam, desa/kelurahan maupun pengawas di tempat pemungutan suara (TPS).

Ketua Bawaslu Demak, Khoirul Saleh mengatakan, anggaran untuk honor petugas pengawas tersebut  mencapai sekitar Rp 5 miliar. Ini mengacu bahwa jumlah TPS di 243 desa dan 6 kelurahan yang tersebar di 14 kecamatan diestimasikan sebanyak 2.063 tempat.

Selebihnya, anggaran akan dipakai untuk  kegiatan pengawasan dan kegiatan penguatan SDM bersama stakeholder, termasuk pengawasan pemutakhiran data pemilih dan pencalonan. Belum lagi jika ada perselisihan atau sengketa pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK) maupun jika ada calon perseorangan.

Baca juga:  Bupati Lantik Eko Pringgolaksito Jadi Pj Sekda Pemkab Demak

“Anggaran sudah kita usulkan ke Pemkab Demak. Tapi, sejauh ini Bawaslu belum tahu untuk pilkada ini nanti akan dikasih anggaran berapa. Belum ada kabarnya,” ujar Khoirul dikantornya kemarin.

Dia berharap, usulan anggaran tersebut dapat direalisasikan semua sesuai kebutuhan Bawaslu Demak. Menurutnya, untuk kepentingan anggaran itu, pihaknya sudah beraudiensi dengan bupati.

Khoirul menambahkan, anggaran bagi Bawaslu diperlukan agar dapat melaksanakan tugasnya dalam mengawasi tahapan pilkada yang dijalankan oleh KPU setempat. “Pengawasan harus dibentuk lebih awal sehingga kita dapat lakukan pencegahan potensi pelanggaran yang kemungkinan terjadi dalam setiap tahapan. Jika tidak ada anggaran, tentu fungsi pengawasan yang dijalankan Bawaslu akan terganggu mobilitasnya. Untuk tahapan pilkada kita masih menunggu Peraturan KPU (PKPU) yang belum diterbitkan,” ujar dia. (hib/bas)

Baca juga:  Khawatir Sepi, Pendaftar Panwascam Ternyata Membludak 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya