alexametrics

Ujicoba PTM Boyolali Mulai Digelar di 30 SMA/SMK, Sementara Itu 23 Ribu Siswa Tunggu Vaksinasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BOYOLALI – Ujicoba pembelajaran tatap muka (PTM) pelajar SMA/SMK di Boyolali sudah digelar di 30 SMA/SMK.

Sementara itu, vaksinasi pelajar SMA/SMK di Boyolali masih terus dilakukan.

Kepala Cabang Dinas (Cabdin) V Disdikbud Jawa Tengah, Sadimin mengatakan sebanyak 35.226 siswa SMA/SMK baik negeri maupun swasta yang menjadi sasaran vaksinasi. Namun, baru 11.535 siswa atau sekitar 32 persen siswa yang mendapatkan vaksinasi.

“Saat ini baru 11.535 siswa SMA/SMK negeri dan swasta yang mendapat vaksin. Terdiri dari siswa SMA sebanyak 6.039 orang dan siswa SMK sebanyak 5.496 orang,” terangnya pada Selasa (21/9).

Baca juga: Pemerintah Dorong Vaksinasi dan Digitalisasi bagi Pedagang Pasar

Sadimin mengamini masih ada 23 ribu siswa lainnya yang menunggu jadwal vaksinasi. Pihaknya menargetkan vaksinasi terus berjalan dan menyasar seluruh siswa. Cabdin V juga menggandeng Dinkes dan TNI/Polri dalam percepatan vaksinasi jenjang SMA/SMK.

“Ini penting dilakukan karena kita juga telah memulai ujicoba PTM. Ada enam SMA/SMK yang sudah PTM terbatas, lalu ada 24 sekolah lainnya yang sudah mendapat izin ujicoba PTM. Makanya perluasan vaksinasi dan ujicoba PTM terus kami dorong,” jelasnya.

Saat ini, enam sekolah yang menggelar PTM terbatas, dan 24 SMA/SMK yang menggelar ujicoba PTM. Untuk jenjang SMA PTM terbatas digelar di SMAN 1, SMAN 2 dan SMA Pradita Dirgantara. Sedangkan PTM terbatas jenjang SMK, yakni SMKN 1 Boyolali, SMKN 1 Mojosongo serta SMKN 1 Musuk.

Sedangkan 24 SMA/SMK yang mendapat izin ujicoba PTM yakni, SMAN 3 Boyolali, SMAN 1 Teras, SMAN 1 Klego, SMAN 1 Karanggede, SMAN 1 Andong, SMAN 1 Ngemplak, SMAN 1 Wonosegoro, SMAN 1 Cepogo dan SMA Islam Sudirman 2.

Kemudian untuk jenjang SMK yakni, SMKN 1 Banyudono, SMKN 1 Sawit, SMKN 1 Kemusu, SMKN 1 Nogosari, SMKN 1 Klego, SMKN 1 Wonosegoro, SMKN 1 Juwangi, SMK Bhinneka Karya 1, SMK Dwija Dharma, SMK Kesehatan Donohudan, SMK Maarif NU 2, SMK Muhammadiyah 1 Sambi, SMK Bhakti Karya Simo, SMK Ganesha Tama Boyolali dan SMK Bhinneka Karya Simo.

Kepala SMKN 1 Banyudono Suyatna mengatakan vaksinasi telah dilakukan pada Senin – Selasa (20-21/9) dengan total 1.064 sasaran. Selain meningkatkan imunitas komunal, vaksinasi mejadi bagian untuk persiapan ujicoba PTM.

“Kita sudah mendapat izin ujicoba PTM mulai Senin (20/9) sampai 1 Oktober nanti. Setelah itu akan dilakukan evaluasi,” terangnya.

Dalam ujicoba ini, hanya 30 persen saja yang bisa mengikuti PTM. Sekolah mengakali dengan membuat beberapa sesi dalam sehari. Satu sesi hanya diikuti satu jenjang kelas, dan dilanjutkan jenjang lainnya sesuai jadwalnya. Suyatna mengaku, PTM memang sudah dinantikan siswa dan guru.

“Untuk pembelajaran praktikum dan praktik kerja lapangan (PKL) mulai dilakukan. Sedangkan teknis dan prokes selama PKL diserahkan ke industri tempat magang. Mereia mengikuti aturan industri termasuk sistem kerjanya,” terangnya. (rgl/dam/ap)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya