alexametrics

KPP Pratama Batang Kenalkan Perpajakan pada Pelajar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – KPP Pratama Batang mulai mengenalkan perpajakan dan APBN kepada pelajar. Siswa diajak memahami siklus itu dengan metode yang menyenangkan. Tidak kaku menjelaskan rumus pajak dan lain sebagainya. Sosialisasi kali ini digelar di SMAN 1 Wonotunggal.

“Pajak itu merupakan bagian dari APBN, apa sih APBN itu?, fungsinya apa?, gunanya apa?, efeknya ke dia apa?, dan yang terpenting dampaknya ke mereka apa?,” ujar Kepala KPP Pratama Batang Artiek Purnawestri pada Jawa Pos Radar Semarang, Kamis (18/8).

Menurutnya, edukasi sejak dini itu penting. Walaupun mereka belum menjadi wajib pajak, saat masuk ke dunia kerja nantinya akan menjadi wajib pajak. Sehingga perlu mengetahui soal perpajakan dan dampak pajak tersebut terhadap negara. Terutama untuk pembangunan dan lain sebagainya.

Baca juga:  Densus 88 Tangkap Terduga Teroris Kakak Beradik di Batang

Artiek menjelaskan jika kegiatan sosialisasi ke sekolah tahun ini merupakan yang ketiga. Kegiatan diikuti oleh 40 siswa dan beberapa guru pendamping. Mereka diberikan materi interaktif dan tidak kaku.

“Kegiatan Pajak Bertutur ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran pajak, manfaat pajak, dan peran pajak bagi pembangunan bangsa,” harapnya.

Ia pun menyebutkan kepatuhan wajib pajak di Kabuoaten Batang sudah mencapai 95,6 persen. Masih ada sekitar empat persen yang belum patuh.  “Secara aturan memang Maret kemarin seharusnya sudah 100 persen. Tapi masih ada yang tertinggal. Ini masih ada waktu bagi wajib pajak untuk segera malaporkan,” jelasnya.

Kepala SMAN 1 Wonotunggal Marcha Solicha pun menyambut baik dan merasa beruntung dengan menjalin mitra pihak pajak. Karena edukasi bagi para pelajar untuk sadar dan patuh pajak cukup penting.

Baca juga:  Bupati Batang Gerakkan ASN, Perhatikan Warga Isoman

“Yang kita harapkan edukasi ini dari sumbernya langsung. Jadi pihak guru ingin memberikan edukasi tapi ini langsung dari expert-nya, jadi lebih mengena,” ungkapnya. (yan/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya