Bawaslu Batang Pernah Diancam Ratusan Orang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Batang mencatat berbagai kisah hingga ancaman sejak masa tugas 2004. Semuanya terangkum dalam buku Kilas Balik Pengawas Pemilu dan Pilkada Kabupaten Batang 2004-2023.

“Ada cerita saat para pengawas mendapat ancaman. Contohnya saat di jalan diblokir ratusan orang tak dikenal,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Batang, Mahbrur dalam launching buku tersebut pada Rabu (10/8).

Buku tersebut dibuat untuk mendokumentasikan sejarah pengawasan pemilu di Kabupaten Batang. Isinya mulai dari suka duka pengawas hingga tahapan pengawasan pemilu. Sejak tahun 2004, tercatat ada 10 periode pemilu yang dituangkan dalam buku setebal 230 halaman tersebut.

Buku kilas balik itu dicetak 120 eksemplar. Bakal didistribusikan kepada para mitra Bawaslu Kabupaten Batang. Temasuk di perpusnas, perpus wilayah, dan daerah.

Baca juga:  Kerahkan Ormas untuk Jaga Lima Perlintasan Kereta Api Tanpa Palang Pintu

“Ini berkaitan dengan bagaimana proses pengawasan pemilu bisa dijadikan referensi atau literasi bagi masyarakat. Karena yang namanya tulisan itu tidak akan pernah hilang,” terangnya.

Proses penyusunan buku membutuhkan waktu empat bulan. Sejak Januari hingga Mei 2022. Penulisnya adalah lima komisioner Bawaslu Kabupaten Batang. Tiap komisioner bertanggung jawab menulis dua periode pemilu.

“Saya membaca buku ini seperti menelusuri lorong waktu. Buku ini berhasil membawa pembaca ke proses pengawasan pemilu dari tahun ke tahun. Juga berhasil memotret pengawasan pemilu yang penuh dinamika,” timpal Zaimuddin Ahya, salah satu pembedah buku tersebut. (yan/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya