alexametrics

Terjunkan Petugas ke Sekolah, Edukasi Bahaya Perundungan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BATANG – Jajaran Polsek Gringsing diterjunkan ke sekolah-sekolah untuk mengedukasi siswa tentang bahaya bullying (perundungan). Dengan pemahaman yang diberikan petugas, diharapkan siswa tidak melakukan perundungan terhadap sesama.

Briptu Agus Budiyanto dari Polsek Gringsing menjelaskan, jika merebaknya perundungan di lingkungan sekolah membuat beberapa pihak khawatir. Kekerasan baik fisik maupun mental sesama teman kerap membuat anak enggan ke sekolah atau tidak fokus ke pelajaran.

“Sebagai tindak pencegahan, kami menyambangi dan memberi masukan kepada siswa di SDN Mentosari I pada Kamis (4/8),” ucapnya.

Di hadapan puluhan siswa, Briptu Agus memaparkan bahaya perundungan yang bisa merusak masa depan. Menurutnya, dampak yang ditimbulkan sangat besar. Bisa memengaruhi kehidupan seseorang dan tumbuh kembang ke depannya.

Baca juga:  DPRD Batang Setujui RAPBD Perubahan 2019

Selain menjelaskan dengan kata-kata Briptu Agus juga memberikan contoh dan akibat perundungan. “Jika terjadi bullying segera bicarakan dengan orang tua atau guru,” ujarnya.

Agus juga memberi pemahaman siswa mengenai cara menghindari perundungan. Siswa yang mendapat pengarahan mengaku gembira. Karena ke depannya bisa mengantisipasi jika terjadi bullying.

Kapolsek Gringsing AKP Andi Fajar menambahkan, jika perundungan bisa dikategorikan sebagai tindak pidana. Apalagi jika sampai membunuh karakter orang yang di-bully.

“Jika dilakukan secara langsung seperti kekerasan fisik, ancaman maupun fitnah dapat dijerat dengan KUHP. Sedangkan jika melalui medsos bisa dikenakan UU ITE. Karena itu pencegahan bullying harus dilakukan sedini mungkin,” tegasnya.

Jika terjadi bullying pada anak di bawah umur, si anak harus mendapat perlindungan dan perhatian dari orang tua maupun guru. Pihak yang mem-bully bisa dikenai sanksi yang mendidik. (yan/zal)

Baca juga:  Pemungutan Janggal, Pelantikan Kades Ditunda

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya