alexametrics

Pemkab Batang Rencanakan Tanggul Laut Sigandu-Sungai Gabus

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Pemkab Batang berencana membangun tanggul laut sepanjang Sigandu hingga Sungai Gabus. Proyek tersebut untuk menanggulangi banjir rob yang melanda sejumlah wilayah, utamanya Desa Klidang Lor, Kecamatan Batang.

Menurut Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki, banjir rob di Batang relatif paling aman. Ketimbang Kota Pekalongan, Semarang, dan Demak. Ketinggian rob di Desa Klidang Lor itu, jika masih puncak bisa mencapai 40 sentimeter. Ketinggian tersebut air sudah memasuki rumah warga.

Alhamdulilah banjir rob di Batang relatif aman di banding daerah lain. Namun demikian, kita bersama dinas teknis melihat kondisi lapangan untuk melakukan penanganan jangka pendek dan jangka panjang,” kata Lani di sela pantauan kondisi lapangan di Desa Klidang Lor, kemarin sore.

Baca juga:  Bupati Wihaji Pantau Kondisi Luka Bakar Oktavianti

Pihaknya juga mencari penyebab utama terjadinya rob, sebelum melakukan tindakan untuk meminimalisasi volume banjir rob. “Kita masih inventarisasi penyebab rob di mana saja, setelah itu kita kaji,” tandasnya.

Mengatasi rob saat ini akan difokuskan pada pembuatan tanggul di sepanjang Sungai Klidang Lor. Fokus penanganan selanjutnya membuat tanggul laut mulai dari Pantai Sigandu hingga Sungai Sambong.

“Kita masih hitung panjangnya berapa, lebarnya berapa, kedalamanya berapa, dan butuh anggaran berapa masih dalam kajian. Kalau memang anggaran pemkab tidak mampu, kita mohonkan ke provinsi maupun pusat,” katanya. (yan/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya