alexametrics

Pj Bupati Batang Kesal 14 Camat Absen Rakor ODF

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki kesal dengan 14 camat yang tidak hadir dalam rapat koordinasi (rakor) terkait percepatan penanganan Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar (BAB) sembarangan. Dari 15 camat yang diundang, hanya Camat Reban yang hadir, lainnya diwakilkan.

Kekesalannya terlihat saat melakukan sambutan. Nadanya meninggi. Dia pun menekankan agar para camat serius menuntaskan persoalan ODF. Sebab, kasus di Batang masih terbilang tinggi.

“Saya memang dalam sambutannya suaranya agak meninggi. Karena saya jujur kaget, tadi Bu Desi Kepala Balai Kesehatan Masyarakat Wilayah Ambarawa menyampaikan dari 7 kabupaten ada tiga belum ODF, itu diantaranya Batang, Wonosobo, dan Banjarnegara,” kata Lani di aula kantor bupati Batang, Rabu (29/6).

Baca juga:  Bagikan Sepatu Gratis untuk Anak Panti

Ternyata, dari 248 desa di Kabupaten Batang hanya 76 desa dan kelurahan yang ODF. Sehingga menyisakan 172 desa. Menurutnya, jumlah tersebut masih banyak.

“Saya harap kepada temen-temen camat, OPD, dan perangkat desa untuk komitmen bersama. Niat untuk percepatan ODF dan mengurangi angka stunting. Saya minta Pak Camat untuk mendampingi warga desa untuk melakukan percepatan ODF,” ungkapnya.

Ia pun meminta masyarakat untuk berprilaku hidup sehat. Caranya dengan membuat jamban yang sehat, tidak BAB sembarangan dan menjaga pola hidup sehat.

Anggaran APBD sangat terbatas dan kecil. Sehingga kegiatan percepatan ODF tidak banyak, tapi harus diniati ibadah untuk memberikan manfaat kepada masyarakat. Karenanya, perlu terobosan dalam percepatan ODF tanpa mengandalkan APBD. Anggaran bisa berasal dari mana saja, seperti CSR atau perusahaan.

Baca juga:  UMK 2021 Belum Disepakati

“Kita melakukaan kegiatan jangan terpaku pada anggaran. Ada atau tidak ada anggaran kita melaksanakan tugas sesuai fungsinya. Kalau hanya berpaku pada anggaran tidak akan jalan. Bagaimana kita mau membangun Kabupaten Batang,” katanya. (yan/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya