alexametrics

Terima 3.000 Dosis, Sapi Sehat Jadi Sasaran Vaksin

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislutkanak) Kabupaten Batang terima 3.000 dosis vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dari Kementerian Pertanian. Sasaran vaksinasi adalah sapi sehat. Ditargetkan vaksinasi tahap pertama rampung sebelum Idul Adha.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Syam Manohara mengatakan, target awal yang menjadi sasaran adalah hewan yang sehat. Terutama ternak sapi perah dan pembibitan milik masyarakat.

“Yang tidak kalah pentingnya adalah ternak yang kondisi tubuhnya sehat dan berada di desa dengan zona hijau. Artinya dalam desa tersebut tidak ada satu pun ternak yang terpapar PMK,” ucapnya.

Kabupaten Batang memiliki populasi 23 ribu sapi yang menjadi sasaran vaksin PMK. Beberapa tempat yang diutamakan adalah Desa Kalipancur, Kecamatan Blado, Desa Kalisari dan Pacet Kecamatan Reban. Wilayah tersebut masuk zona hijau penyebaran PMK.

Baca juga:  Bansos Lebih Baik Berupa Uang

Syam menerangkan, takaran dosis yang diberikan sebanyak dua mililiter tiap ekornya. Secara keseluruhan ada 200 mililiter untuk 100 ekor sapi. Vaksinasi tersebut akan digelar enam hari. Targetnya tiap hari 300 sampai 500 ekor sapi dapat jatah vaksin.

“Targetnya tiga ribu dosis vaksin di tahap pertama akan selesai sebelum Idul Adha. Nantinya vaksin yang diberikan berupa dosis pertama, kedua dan booster,” tegasnya.

Sebanyak 712 ekor sapi terindikasi PMK. Kasus hariannya mencapai 18 ekor. Sedangkan angka kesembuhan 272 ekor.

Salah satu peternak sapi dari Desa Pacet, Kecamatan Reban, Margiono mengatakan, sebelum vaksinasi, sapi miliknya akan diberikan ramuan tradisional berupa kunyit.

“Di desa kami belum ada ternak yang terpapar PMK. Alhamdulillah ternak saya hari ini sudah divaksin, sehingga bisa terbebas dari PMK,” harapnya.

Baca juga:  Tak Ada Homeschooling, Zona Merah Harus Daring

Ia memastikan, PMK tidak mempengaruhi penjualan ternak. Selama ini, pembeli langsung datang ke kandang tanpa melewati perantara. “Vaksinasi pada ternak akan meningkatkan kepercayaan pembeli karena sapi benar-benar terbebas dari PMK,” tandasnya. (yan/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya