alexametrics

Seluruh Desa Punya Aplikasi Layanan Berbasis Android

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BATANG – Seluruh desa di Kecamatan Batang kini memiliki aplikasi layanan berbasis android. Total ada 12 desa yang telah berinovasi menciptakan aplikasi. Program tersebut sebagai upaya menuju smart village.

Camat Batang Luksono Pramudito menjelaskan, pembuatan aplikasi itu dimulai oleh Desa Kalipucang Wetan. Mereka melaunching aplikasi WKW atau Warta Kalipucang Wetan pada 8 Oktober 2021. Seluruh informasi dan layanan desa bisa diakses melalui ponsel.

Warga kini bisa mengurus berbagai surat secara digital. Seperti, surat keterangan domisili, surat pengantar SIM, KTP, KK, pengantar SKCK dan lain sebagainya. Ada juga layanan marketplace untuk UMKM. Produk-produk yang dimiliki warga bisa dijajakan melalui aplikasi, hingga melakukan transaksi.

Baca juga:  Berangkat Kerja, Jadi Korban Tabrak Lari

“Ini salah satu keunggulan kecamatan kami. Kami mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dan informasi tentang desa. Seluruh desa sudah menerapkan digitalisasi layanan,” ujar Luksono.

Menurutnya, digitalisasi merupakan bentuk keterbukaan dan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan layanan. Sarana itu bisa diakses dari mana saja. Sesuai konsepnya, yaitu desa dalam genggaman. Sehingga dari satu aplikasi, bisa dicontoh seluruh desa di Kecamatan Batang.

Seluruh aplikasi itu tersedia di Play Store. Mulai WKW, Sirobel, Basoka, Simoku, Sikece, Iwak, Instan, Singajir, Indek, Pajang Rapi, Takon Deso, dan Impas. Aplikasi itu dibuat oleh SDM desa masing-masing dan dianggarkan melalui Dana Desa. Tiap aplikasi punya unsur kearifan lokalnya sendiri.

Baca juga:  Sedang Terlelap, Atap Rumah Roboh

“Setelah digarap, ternyata di setiap desa itu punya SDM yang bisa mengerjakan (membuat aplikasi). Mereka melek teknologi, sehingga bisa membuat konsepnya sendiri,” tandasnya. (yan/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya