alexametrics

390 Calon Jamaah Haji Manasik Perdana di Islamic Center

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Sebanyak 390 calon jamaah haji asal Kabupaten Batang, jalani manasik di Islamic Center, Senin (30/5). Meski pembangunannya baru tahap pertama, namun tempat sudah layak difungsikan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang, M Aqso mengatakan, semua KUA se-Kabupaten Batang menggelar praktek dalam satu titik di Islamic Center. “Tempat ini Alhamdulilah sudah representatif, sudah sesuai. Masih perlu penyempurnaan karena belum ada padang Arafah,” ujar di sela pelaksanaan Manasik, Senin (30/5).

Mengatasi itu, pihaknya telah mencari area lapang lain sebagai representasi padang Arafah. Sementara replika yang tersedia di Islamic Center di antaranya Kakbah di Masjidil Haram, Muzdalifah, Mina, dan Jamaraat. Sebelumnya, prosesi Manasik hanya dilaksanakan di kecamatan masing-masing. Baru kali ini disatukan tingkat kabupaten. Kegiatan manasik dimulai pukul 8.00 WIB hingga 13.00 WIB.

Baca juga:  Napi Lapas Batang Produksi Miniatur Mobil F1

“Ini dalam rangka memberikan pemahaman yang nyata untuk para jamaah haji. Prosesi ini akan dilakukan sesungguhnya di Arab Saudi,” terangnya.

Ia menjelaskan, calon jamaah haji yang berangkat tahun ini merupakan yang tertunda pada 2020. Tahun ini kuota jamaah haji Kabupaten Batang 393 orang. Dari jumlah itu, ada 14 orang menunda karebangkatan karena faktor pribadi dan lainya. Kuota kosong itu pun telah diisi 11 orang dari cadangan. Sehingga total calon jemaah haji asal Kabupaten Batang mencapai 390 orang. (yan/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya