alexametrics

Segera Bongkar, Akses Jembatan Peturen Ditutup

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Akses jembatan penghubung Batang-Warungasem hari ini (30/5) mulai ditutup. Jembatan Peturen itu, akan direvitalisasi. Proyek dengan anggaran Rp 2,8 miliar itu, ditarget rampung 17 November 2022.

Beberapa jalan alternatif pun disiapkan. Namun harus melewati perkampungan. Sehingga tidak semua kendaraan bisa mengakses. Terkait kendala itu, Warga Desa Menguneng, Kecamatan Warungasem pun memasang spanduk di lokasi jembatan. Bertuliskan permintaan untuk pembuatan jembatan darurat. Sehingga tidak perlu memutar lebih jauh untuk beraktivitas.

Jembatan Peturen memang sudah waktunya perbaikan total. Mengingat usianya sudah 30 tahun dan kondisinya tidak layak. Jembatan tersebut memiliki panjang14 meter dan lebar 4,5 meter.

“Jembatannya kita ganti total, IWF baru, abutment baru. Jembatan kita lebarkan, yang dulunya 4,5 meter menjadi 8 meter,” terang Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat (DPUPR) Batang, Endro Suryo.

Baca juga:  Buka Kelas Industri, SMKN 1 Warungasem Gandeng LG

Endro mengatakan, proyek perbaikan jembatan ini sebenarnya sudah dimulai 22 April lalu. Namun pengerjaan baru sekitar akses jembatan. Secara total progres pengerjaan sudah 43 persen. “Karena pengerjaan jembatan Peturen bukan jembatan saja. Ada sebagian pengaspalan hotmix yang dikerjakan sebelum Lebaran Idul Fitri kemarin,” terangnya.

Proyek jembatan tersebut dikerjakan oleh CV Pilar Sakti Utama dari Kabupaten Pemalang. Pihaknya optimistis proyek tersebut rampung sesuai target.”Insya Allah sebelum November sudah selesai. Ini sudah 43 persen,” katanya.

Endro juga menyebutkan di Kabupaten Batang ada sekitar 473 jembatan. Sepuluh di antaranya sudah waktunya direvitalisasi. “Karena abutment sudah rusak ataupun sudah sempit. Perbaikan itu butuh anggaran sekitar Rp 30 miliar,” tandasnya. (yan/zal)

Baca juga:  Sopir Ngantuk, Bus Rombongan Peziarah Asal Kudus Terguling di Alas Roban

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya