alexametrics

Kerahkan Ormas untuk Jaga Lima Perlintasan Kereta Api Tanpa Palang Pintu

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Pemkab Batang punya PR lima perlintasan kereta api tanpa palang pintu dan penjagaan. Mengantisipasi adanya kecelakaan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Batang pun meminta ormas untuk ikut membantu. Berjaga di area jalan dengan perlintasan kereta.

“Saat ini di Kabupaten Batang ada 19 jalan dengan palang pintu kereta api. Sementara perlintasan kereta api yang masih terbuka tanpa palang ada lima. Total ada 24 perlintasan,” ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Batang Murdiyono.

Ia menyebutkan, lima perlintasan tanpa palang pintu itu ada di Kalisari, Tampangsono, Kuripan Lor, Kuripan Kidul, dan Sambong. Pihaknya masih terkendala anggaran untuk melakukan penjagaan. Sementara perlintasan itu beberapa diantaranya merupakan jalan utama.

Baca juga:  Batang Butuh Lab PCR Sendiri

“Kami membuat surat pada Camat untuk bisa mengakomodir. Desa-desa yang palang pintunya tak terjaga itu bisa membantu melakukan penjagaan. Melalui ormas, hansip, atau yang lainnya,” imbuhnya.

Harapannya, penjagaan bisa dilakukan setiap waktu dibantu para ormas, hansip dan yang lainnya. Cukup riskan bila perlintasan dibiarkan terbuka tanpa penjagaan. Kecelakaan yang melibatkan kereta dengan pengendara sepeda motor maupun mobil dapat terjadi kapan saja. Terutama saat pengemudi tidak berhati-hati saat melintas.

Selain itu, ada enam perlintasan yang masih dijaga manual. Diantaranya di Kebondalem dan Roban Timur. “Perlintasan yang paling rawan terjadi kecelakaan ada di Kuripan Lor dan Kuripan Kidul. Di sana banyak dilewati masyarakat karena merupakan jalur wisata,” tandasnya. (yan/bas)

Baca juga:  Jangan Ada Lahan Telantar, Tanami Tanaman Pangan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya