alexametrics

ODGJ Mengamuk Hancurkan Rumah Tetangga

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Sejumlah orang yang tengah mempersiapkan hajatan di rumah Bambang Haryanto, Dukuh Mundu, Desa Yosorejo, Kecamatan Gringsing, lari tunggang langgang. Mereka menyelamatkan diri dari Umiyah, 32, yang mengamuk dengan membawa sebatang kayu.

Kejadiannya Kamis (12/5) pukul 12.00 WIB. Umiyah adalah tetangga Bambang yang mengalami gangguan jiwa (ODGJ). Akibatnya, perabotan di ruang keluarga dan dapur porak poranda. Kaca pecah, kursi-lemari dijungkir balikkan. Foto di dinding pun tidak luput dari amukan Umiyah.

Bambang menceritakan, saat itu yang di rumah adalah ibu mertua dan sejumlah tetangga. Kondisi rumah memang cukup ramai, karena sedang mempersiapkan hajatan. “Sedang pada masak-masak mempersiapkan pernikahan sepupu saya besok pagi,” kata Bambang.

Baca juga:  Lahan Tebu di Batang Diperluas

Tiba-tiba Umiyah datang sambil membawa sebatang kayu dan langsung mengamuk. Menghancurkan apa pun yang ditemui tanpa ada yang bisa mencegah. Seketika orang-orang yang sedang memasak lari menyelamatkan diri. Meskipun perempuan dan hanya membawa tongkat kayu tapi tenaga Umiyah cukup kuat. Lemari kaca yang berat dengan mudah dijungkir balikkan.

Akibat kejadian ini Bambang Haryanto mengalami kerugian cukup besar, meliputi perabotan dapur, lemari, meja kursi, dua buah ponsel dan masakan yang sedianya akan digunakan untuk hajatan.

Kades Yosorejo Suprayitno menambahkan, Umiyah menderita gangguan jiwa semenjak pulang dari luar negeri sebagai TKI sekitar empat tahun silam. Umiyah juga pernah dimasukkan RSJ dua kali. Keseharian Umiyah tinggal bersama ayah dan kedua anaknya.

Baca juga:  Peran Kelompok Informasi Masyarakat Belum Optimal

“Umiyah sering mengamuk tanpa sebab dan membuat tetangga waswas. Pihak desa akan membawa Umiyah ke RSJ Magelang lagi,” ucapnya. (yan/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya