alexametrics

Pantura Alas Roban Gelap Gulita

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Jelang puncak arus mudik lebaran, jalur Pantura Alas Roban dalam keadaan gelap gulita. Penerangan Jalan Umum (PJU) mulai dari Kecamatan Banyuputih hingga Gringsing mati total. Hanya beberapa titik saja yang terlihat ada PJU menyala.

Tak sampai di situ, kondisi PJU yang mati juga terjadi mulai jalur Pantura Kecamatan Tulis hingga Subah. Namun, kondisinya lebih baik. Titik lampu yang menyala lebih banyak daripada di jalan Banyuputih-Gringsing. Berdasarkan pengamatan, gangguan penerangan itu terjadi sekitar 30 kilometer jalur Pantura Batang. Mulai Tulis hingga Gringsing.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Batang Murdiyono menjelaskan, penerangan di Jalan Pantura merupakan wewenang Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah X Provinsi Jateng & DIY. Kondisi demikian sudah terjadi cukup lama. Jelang puncak arus mudik lebaran kali ini, pihaknya pun berinisiatif turun tangan. Melakukan perbaikan pada PJU yang rusak.

Baca juga:  Respon Aduan dengan Cepat, Pastikan 1 Jam Petugas Datang

“Itu jalan nasional, kami sudah berkoordinasi dengan BPTD Wilayah X Provinsi Jateng & DI Yogyakarta. Kami meminta izin kalau penerangan yang mati kita bypass,” ucap Murdiono saat ditemui di kantornya.

Menurutnya, kerusakan PJU terjadi karena beberapa komponen Miniatur Circuit Breaker (MCB) hilang dicuri dan kabel yang terputus. Satu MCB bisa menghidupkan hingga 30 PJU. Penerangan di sepanjang jalur Pantura Batang 80 persen terkondisi. Total ada 740 PJU.

Pihaknya menegaskan, seharusnya Dishub Kabupaten Batang tidak punya wewenang. Namun, karena untuk kepentingan bersama saat mudik, kami memilih untuk turun tangan menangani kerusakan yang ada. “Kami tidak bisa menyelesaikan seluruhnya. Paling cuma menyelesaikan 10 persen, 10 persennya lagi tetap mati,” terangnya.

Baca juga:  Investasi Triwulan Pertama Kabupaten Batang Mencapai Rp 1 Triliun

Titik-titik yang diperbaiki akan menyebar. Sehingga bisa mem-backup penerangan lebih luas. Supaya perjalanan mudik di Pantura Batang hingga Gringsing berjalan lancar. (yan/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya