alexametrics

10 Ribu Sperma Sapi Siap Disalurkan ke Peternak

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Pemerintah Kabupaten Batang menerima 10 ribu sperma sapi beku dari tiga balai inseminasi. Sperma itu akan disalurkan ke para peternak secara gratis. Ada berbagai jenis sperma sapi yang diperoleh, kecuali sapi perah.

“Sperma beku ini untuk program inseminasi buatan. Jenis sapinya yaitu Brahma, Limosin, Belgian Blue, dan Simental,” kata Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternak, Kabupaten Batang, Windu Suriadji di kantornya, Senin (14/4).

Sperma beku itu didapat dari Balai Inseminasi Lembang, Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari, dan Balai Inseminasi Ungaran. Kegiatan tersebut merupakan program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (Si Komandan).

Windu menjelaskan, jumlah sperma yang diperoleh belum bisa mencakup seluruh populasi sapi di Kabupaten Batang. Ada 23 ribu sapi dari 10 ribu peternak. Seluruhnya merupakan sapi potong. “Saat ini kami sedang melakukan refilling nitrogen cair untuk penyimpanan sperma sapi,” jelasnya.

Baca juga:  Tanpa Tepukan Penonton, Pentas Virtual Kurang Greget

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Syam Manohara mengakui bahwa 10 ribu dosis sperma itu masih kurang. Sebab, kebutuhan untuk sperma mencapai 15 ribuan. Belum termasuk adanya kegagalan saat melakukan inseminasi. Kekurangan jumlah sperma itu akan dicukupi peternak sendiri. Harga satu sperma jika dibeli swadaya yaitu Rp 8 ribu.

Syam menyebut untuk rasio bunting sapi melalui inseminasi secara nasional berada di angka 1,2. Namun di lapangan bisa tiga hingga empat kali baru bunting. “Kalau persebaran sapi di Kabuparten Batang hampir merata peternak. Untuk sentra sapi daerah di atas Reban, Pecalungan, Bawang, Blado dan Tersono,” ucapnya. (yan/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya