alexametrics

Sidak Minimarket, Produk Kedaluwarsa Masih Dijual

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Tim Monev Pengawasan Pangan Kabupaten Batang Lintas Sektor menemukan sejumlah produk makanan kedaluwarsa masih terpajang di etalase. Hal itu didapati setelah melakukan sidak di beberapa pasar tradisional dan mini market.

Kasi Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Dinkes Kabupaten Batang Rizza Fauziyah mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam membeli produk makanan dan minuman.

“Kami menemukan produk makanan yang kedaluwarsa masih terpajang, seperti jajanan dengan masa kedaluwarsa Maret 2022, juga ada krupuk kedaluwarsa Desember 2021,” ucapnya.

Petugas pun meminta petugas ritel toko modern untuk menarik produk tersebut dari display. Kemudian dimusnahkan dan memberikan surat penyataan kepada petugas ritel modern.”Produk yang sudah kedaluwarsa seharusnya tidak didisplay, kelalaian petugas, jangan sampai konsumen membeli dan dirugikan,” ujarnya.

Baca juga:  Siswa di Zona Hijau Sudah Boleh Berangkat Sekolah

Pihaknya menegaskan, jika pihak ritel masih memajang produk kedaluwarsa, maka akan dilakukan penindakan. Surat pernyataan tersebut menginstruksikan untuk penarikan produk kedaluwarsa.

Jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Dinkes Kabupaten Batang gencar menggelar pengawasan makanan dan minuman di berbagai tempat. Mulai pasar tradisional dan mini market. Pengawasan dilakukan terhadap makanan basah dan kering. Mulai dari keamanan kemasan, kualitas, tanggal kedaluwarsa, dan kandungan bahan berbahaya

Kegiatan itu digelar di seluruh wilayah Kabupaten Batang. Monitoring telah dilakukan di Kecamatan Batang, Kandeman, Warungasem, Wonotunggal, Bandar, Blado Kandeman, Tulis, Bawang, Reban, Subah dan Banyuputih.

“Masih ditemukan beberapa produk di pasar maupun minimarket yang makanannya kadaluarsa, kemasan rusak, dan tidak memiliki izin edar,” ungkapnya.

Baca juga:  Petani Batang Keluhkan Harga Gabah yang Terjun Bebas

Ia berharap, pedagang yang akan menjual makanan mengecek barangnya terlebih dahulu. Sudah memiliki izin edar atau belum, melebihi tanggal kadaluarsa atau belum. Jika makanan tersebut buatan sendiri diharapkan untuk menjaga kebersihan dan kandungannya. Tidak menggunakan bahan berbahaya.

Pembeli juga diharapkan lebih teliti sebelum membeli, cek selalu tanggal kedaluwarsanya, lihat kemasannya apakah rusak atau tidak, pilih makanan yang masih segar. “Jangan tergiur makanan yang harganya murah, tapi lihat juga kualitas dan kebersihannya,” tandasnya. (yan/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya