alexametrics

Pemkab Batang Salurkan Rp 1,5 Miliar untuk Anak Yatim

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Pemkab Batang menyalurkan santunan anak yatim sebesar Rp 1,5 miliar. Bantuan tersebut diberikan kepada 1.500 anak. Secara simbolik, penyaluran santunan diberikan Bupati Batang Wihaji dan wakilnya, Suyono, saat berbuka bersama 150 anak yatim di rumah dinas bupati Minggu (10/4). Setiap anak mendapatkan santunan sebesar Rp 500 ribu.

Wihaji mengatakan, santunan ini merupakan gagasannya saat dia dilantik menjadi bupati pada 22 Mei 2017. Nilai santunan pun meningkat signifikan. Sebelumnya, setiap anak yatim hanya menerima santunan sebesar Rp 100 ribu. Saat ini naik menjadi Rp 1 juta per penerima.

Anggaran tahun 2019 program santunan anak yatim sebanyak Rp 2 milliar untuk 2.000 anak. Namun karena Pandemi Covid-19 di tahun 2020, pada 2021 dan 2022 anggaran tersebut turun menjadi Rp 1,5 miliar untuk 1.500 anak yatim.

Baca juga:  Laga Persahabatan Pompa Semangat

“Santunan ini memang tidak bisa mengcover semua anak yatim piatu di Kabupaten Batang, sehingga penerima santunan harus bergantian,” jelasnya.

Dalam pencairan, santunan diterimakan saat Ramadan sebesar Rp 500 ribu. Santunan Rp 500 ribu akan diberikan lagi saat kenaikan kelas atau menjelang tahun ajaran baru sekolah.

“Santunan dibagi dua, menjelang Lebaran Idul Fitri diterima Rp 500 ribu. Lalu menjelang tahun ajaran baru sekolah sebesar Rp 500 ribu, jadi genap Rp1 juta santunanya per orang,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Batang Suyono mengatakan, santunan ini sebagai bentuk apresiasi dan kepedulian Pemerintah Kabupaten Batang kepada anak yatim piatu.

Alhamdulillah, hari ini (kemarin) memberikan santunan kepada 150 anak secara simbolis. Mudah-mudahan ini bisa menuntun kita semua pada sebuah perubahan dan mudah-mudahan program ini bisa terus berjalan dan anggaran juga bertambah,” harapnya. (yan/zal)

Baca juga:  Di Batang, Ibu-Ibu PKK Bangun Kantin dari Ecobrick

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya