alexametrics

Pertumbuhan Ekonomi Batang Lebihi Capaian Nasional

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BATANG – Upacara perayaan HUT ke-56 Kabupaten Batang berjalan khidmat di Alun-Alun Batang. Kegiatan diikuti ratusan peserta dari unsur Forkopimda hingga masyarakat terpilih. Pada kesempatan itu, Bupati Batang Wihaji menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi Batang tumbuh positif, melebihi capaian nasional.

“Alhamdulillah tahun 2021 pertumbuhan ekonomi tumbuh positif setelah 2020 mengalami kontraksi di minus 1,29 persen naik menjadi 4,88 persen lebih tinggi dibanding capain nasional 3,69 persen, dan pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah 3,32 persen,” kata Wihaji, Jumat (8/4).

Selain itu, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sejak awal menjabat di tahun 2017 hingga 2020 menunjukkan tren positif. Pada 2017 skornya berada di angka 67,35. Tahun 2018, IPM naik menjadi 67,86. Tahun 2019 kembali naik 68,42. Tahun 2020 naik lagi menjadi 68,65, dan pada 2021 lalu berada di angka 68,92.

Adapun untuk pembangunan fisik Gedung Olahraga (Gor) Indoor Abirawa sudah bisa dimanfaatkan oleh para pecinta olahraga di Kabupaten Batang. Gor Indoor pertama di Batang itu berdiri di dekat Hutan Kota Rajawali (HKR).

Baca juga:  Gelontorkan Rp 81 Miliar, Target 85 Persen Jalan Mulus

“GOR Indoor Abirawa kita resmikan 9 Maret 2022 lalu. Insya’Allah sudah bisa dimanfaatkan oleh seluruh warga Kabupaten Batang, semoga fasilitas itu dapat mendukung lahirnya atlet-atlet nasional maupun internasional,” harapnya.

Sementara untuk mendukung syiar agama Islam, saat ini juga masih berlangsung pembangunan Gedung Islamic Center di Banyuputih. “Insya’Allah tahun ini selesai dan dapat dimanfaatkan oleh seluruh warga Kabupaten Batang,” katanya.

Sedangkan untuk meningkatkan daya ungkit ekonomi, serta membuka simpul ekonomi sebagai pusat oleh-oleh Kabupaten Batang, Pemerintah Kabupaten Batang juga membangun Batang Teras Pandawa (BTP). “BTP sebagai pusat kuliner dan pusat oleh-oleh Batang dari hasil kreativitas UMKM yang juga sudah kita resmikan bulan kemarin,” jelasnya.

Baca juga:  Peserta Pelatihan BLK Kurang Kesiapan Mental

Pada momen tersebut, Wihaji juga menyerahkan penghargaan kepada berbagai pihak. Mulai dari UMKM berkarya, milenial berkarya, Babinkamtibmas Adwords, Babinsa Adwords, dan lainnya. Hadiah dengan nominal terbesar diberikan pada Babinkamtibmas dan Babinsa berprestasi. Dua anggota berprestasi itu masing-masing mendapatkan satu unit sepeda motor.

Mereka adalah Babinsa Koramil Bandar Sertu Supriono, dan Bhabinkamtibmas Polsek Blado Bripka Teguh Budiman. Sertu Supriono sempat tidak menyangka akan memperoleh hadiah, karena dalam proses penilaian tidak diketahui oleh anggota.

“Alhamdulillah saya dapat hadiah motor. Tidak tahu bagaimana kok bisa terpilih. Penilaian langsung dari tim ke lapangan,” terangnya.

Sedangkan Bripka Teguh Budiman mengatakan, motor tersebut menjadi penyemangat dalam bekerja mengabdikan diri untuk masyarakat.

“Kalau dulu masyarakat itu menjauhi Covid-19, tapi kami malah mendekatinya untuk mencegah penularan ke masyarakat. Terima kasih kepada Tuhan, orang tua dan Pak Bupati atas penghargaan ini, semoga bermanfaat bagi banyak orang,” tuturnya.

Baca juga:  Tilik Tujuh Warga Kurang Mampu di Desa Tegalombo

Usai upacara peringatan HUT ke-56 Kabupaten Batang, jajaran pimpinan Jawa Pos Radar Semarang memberikan ucapan selamat secara langsung di Kantor Bupati Batang Wihaji. Rombongan dipimpin Direktur Jawa Pos Radar Semarang Baehaqi menyerahkan buket bunga segar yang didominasi warna kuning kepada Wihaji. Selain itu, diserahkan pula koran edisi khusus HUT ke-56 Kabupaten Batang.

“Kami atas nama segenap pimpinan dan karyawan Jawa Pos Radar Semarang mengucapkan selamat ulang tahun ke-56 Kabupaten Batang. Semoga sukses di bawah kepemimpinan Bapak Bupati Wihaji dan Bapak Wakil Bupati Suyono. Bisa melewati pandemi ini dengan baik dan melangkah lebih maju lagi,” kata Baehaqi.

Dalam kesempatan itu, Baehaqi didampingi General Manager Iskandar, Pemimpin Redaksi Arif ‘Aro’ Riyanto, Manager Bisnis Sugiyanto Wiyono, Manager Keuangan Indah Fajarwati, dan Kepala Biro Pekalongan Lutfi Hanafi. (yan/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya