alexametrics

Destinasi Wisata 4Si Tetap jadi Andalan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Destinasi wisata 4Si masih jadi andalan Kabupaten Batang untuk datangkan wisatawan. Silurah, Sigandu, Sikembang, dan Sikuping punya daya tarik mewakili berbagai unsur pariwisata. Hal itu demi menyambut tahun kunjungan wisata 2022, atau visit Batang year 2022.

“Saat ini yang jadi primadona adalah Sigandu. Di sana menjadi kawasan yang punya banyak pilihan. Mulai Taman Safari hingga pilihan warung dan kafe-kafe di sepanjang bibir pantai,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Batang Yarsono.

Kawasan Pantai Sigandu jadi pilihan singgah wisatawan selama pandemi karena lokasinya dekat dengan kota. Baik Kota Batang dan Kota Pekalongan. Yarsono menyebutkan, masyarakat saat itu jenuh dengan rutinitas pembatasan selama pandemi covid.

Baca juga:  Maulana Yusup Nakhodai FORKI Batang

Munculnya puluhan kafe di tepi pantai pun jadi pilihan melepas penat. Bersantai melihat keindahan pantai ditemani kopi-kopi kekinian. Di sana ada juga Safari Beach Jateng yang dahulu bernama Batang Dolphin Center.

Destinasi lain juga tidak kalah menarik. Ada Sikembang yang menawarkan wisata dengan pemandangan dataran tinggi. Kemudian Silurah yang menjajakan destinasi wisata sejarah. Destinasi Silurah kini sedang dalam tahap pembangunan. Tahun ini replika arca-arca bersejarah di Kabupaten Batang akan dibangun di sana.

“Sementara, destinasi wisata paralayang di Sikuping sekarang sudah tidak beroperasi. Areanya akan digunakan sebagai Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB). Karena itu, kami sedang mencari area pengganti untuk wisata paralayang,” terangnya.

Baca juga:  Bunga Desa Ditemukan Gantung Diri

Kunjungan wisatawan pada 2021 telah menghasilkan pendapatan daerah sebesar Rp 2,7 miliar melampaui target Rp 2 miliar. Geliat wisata di tengah pandemi itu pun disambut positif dengan menargetkan pendapatan Rp 3,7 miliar tahun ini. (yan/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya