alexametrics

Tak Mau Kalah dengan Napi, Kalapas Batang Unjuk Gigi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Peringatan Hari Bakti ke-58 Pemasyarakatan di Lapas Kelas IIB Batang, Rabu (30/3) pagi, berlangsung meriah. Petugas lapas dan napi saling membaur. Tak ada sekat. Bahkan saling uji ketangkasan melalui lomba crossfit.

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas II Batang Rindra Wardana menjelaskan, crossfit merupakan program latihan gabungan dua unsur sistem aerobik dan anaerobik. Penekanannya pada perpaduan latihan interval dengan intensitas tinggi atau High Intensity Interval Training (HIIT), angkat beban, senam dan disiplin lainnya dalam format serupa latihan sirkuit.

“Kebetulan di Lapas Batang ada dua orang yang menjadi instruktur. Oleh karena itu, kita mencoba memberian materi fisik, selanjutnya kita lombakan untuk warga binaan dan petugas lapas,” ucapnya.

Baca juga:  Bansos Lebih Baik Berupa Uang

Tidak mau kalah, Rindra Wardana pun unjuk gigi. Ia sangat bersemangat walaupun terlihat ngos-ngosan. Perlombaan dimulai dengan menggoyangkan tali tambang besar, kemudian lari zig-zag, push up, hingga angkat ban berukuran besar.

“Sebelum lomba crossfit, warga binaan kita try out dulu, kebetulan saya dipercaya menjadi ketua Persatuan Angkat Besi Selurih Indonesia (PABSI) Batang,” jelasnya.

Lomba crossfit diikuti empat orang warga binaan. Kemudian dibagi menjadi dua regu. Sementara untuk petugas lapas delapan regu. Pihaknya juga mengajak petugas Rutan Pekalongan untuk mengikuti lomba tersebut.

Selain itu, acara juga diramaikan dengan bazzar one day one product. Hasil kreativitas warga binaan Lapas Kelas II Batang dan produk UMKM warga Kota Batang.

Baca juga:  Pohon Jati Berusia 67 Tahun Tumbang, Tutup Jalur Pantura

“Produk kami ada keset, pot dari serabut kelapa, kotak tisu, minatur kapal, mobil F1, telur asin, minimuan kesehatan dan lainya,” ucapnya.

Acara semakin semarak ketika puluhan mamah muda melakukan senam dan joget bersama di halaman lapas. (yan/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya