alexametrics

Camping, Sambil Belajar Kopi dari Kebun

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Koperasi Batang Coffee menggagas wisata edukasi baru. Yakni trip kopi di laboratorium perkebunan kopi Desa Surjo, Kecamatan Bawang. Peserta bisa kemping sembari diberi edukasi langsung di kebun kopi.

Kegiatan untuk memperkenalkan beberapa koleksi yang ada di kebun. Termasuk jenis kopi langka di Jawa tengah. Selain jalan-jalan dan camp peserta juga mendapat pengetahuan tentang ciri-ciri pohon kopi yang ada di kebun termasuk seputar budidaya. “Jadi camping sekaligus belajar tentang kopi langsung di kebon,” ujar ketua pelaksana kegiatan Agus ma’ruf kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Kegiatan tersebut diikuti oleh beberapa peserta dari Kabupaten Batang, Pekalongan, Kendal, Jepara, Semarang dan Lampung. Batang Coffee Trip akan menjadi kegiatan reguler di sana.

Baca juga:  Hari Pertama Sekolah Tatap Muka, Siswa: Belajar Online Susah, tidak Mudeng

Ketua kelompok usaha bersama (KUB) Koperasi Batang Coffee, Riffani Zunianto menambahkan bahwa peserta dikenalkan jenis pohon kopi dengan berbagai varietas. “Kemudian cara perawatan, budidaya, dan pascapanen,” ujarnya.

Riffani mengaku pihaknya punya banyak varietas kopi mulai dari robusta, arabika, hingga librika. Masing-masing punya jenis khas. “Fokusnya dulu pengenalan klon, kalau di robusta namanya klon. Ada 10 klon robusta, empat Arabika dan tiga liberika,” tambahnya.

Kegiatan trip kopi berupa camping semalam di kebun kopi. Lalu tur kebun kopi hingga tips menyajikan kopi yang pas. “Coffe Trip targetnya bisa lebih luas dan diminati para pecinta serta pengusaha kedai kopi,” tambahnya. (yan/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya