alexametrics

Permudah Layanan Berperkara dengan Aplikasi BDS

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BATANG – Pengadilan Negeri (PN) Kelas II Batang meluncurkan inovasi Batang Digital System (BDS), Jumat (25/3). Peluncuran aplikasi berbasis web itu dilakukan tepat di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 PN Batang.

“Kita tidak bisa mengelak kemajuan teknologi informasi, tapi teknologi itu hanya alat. Terpenting mental para aparatur Pengadilan Negeri Batang, yaitu pelayanan harus cepat, semakin sederhana dan biaya kalau bisa semakin ringan. Kata Pak Bupati Wihaji kalau bisa gratis,” ujar Ketua PN Kelas II Batang Guntoro Eka Sekti, Jumat (25/3).

Ia menjelaskan, BDS dirancang sebagai upaya mempermudah pelayanan masyarakat saat berperkara di pengadilan. Layanan itu dibuat untuk mempercepat, menyederhanakan, dan meringankan biaya dalam mencari keadilan. “Layanan yang semula butuh datang di pengadilan, kini bisa langsung diurus dan diproses melalui website,” terangnya.

Baca juga:  Ratusan Perangkat Desa Geruduk Dewan

Guntoro menyatakan, PN Batang belum bisa menggratiskan pelayanan, karena ada biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang diatur dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 5 Tahun 2019. Seperti pendaftaran perkara sebesar Rp 10 ribu dan lain sebagainya.

“Ada PNPB atau pemasukan badan negera yang tetap harus dibayar warga. Saya rasa dengan kemajuan sekarang tidak berat,” katanya.

Sejumlah kegiatan disiapkan untuk peringatan HUT ke-50 PN Batang. Seperti menggelar sunatan masal dan donor darah.

Sementara itu, Bupati Batang Wihaji mengatakan, dengan bertambahnya usia semoga PN Batang meningkatkan pelayanan sebagai tempat rakat mencari keadilan.

“Saya lihat selama ini semakin baik, termasuk di era tranformasi digital bisa melakukan percepatan pelayan dengan inovasi yang efektif efisien dan sederhana. Sehingga masyarakat terlayani dengan baik,” ucapnya. (yan/zal)

Baca juga:  Remaja Harus Bijak Bermedia Sosial

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya