alexametrics

Jalur Subah-Selokarto Diperbaiki, 16 Warung Direlokasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Jalan penghubung Subah dengan Selokarto, Kecamatan Pecalungan mulai diperbaiki. Pengerjaannya diperkirakan bakal rampung pada Agustus mendatang. Proyek tersebut resmi di mulai setelah 16 warung terdampak berhasil direlokasi.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Batang Endro Suryono menjelaskan, warung-warung itu semula berdiri di atas drainase dekat pasar Subah. Seluruh bangunan yang menutupi drainase selebar 3 meter itu dibongkar.

Drainase itu terimbas pelebaran jalan. Drainase akan dikecilkan, yang semula lebarnya 3 meter bakal menjadi 2,5 meter. “Insya Allah sudah aman, kami sudah cek semua dan berkoordinasi dengan pihak pengairan,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa drainase dinormalisasi dengan kedalaman 1,5 meter. Saat ini kondisi sedimentasi di sungai tersebut cukup tinggi, sehingga menutup seluruh drainase. Warung yang berada di drainase juga sudah dikondisikan dan direlokasi. Secara regulasi tidak diperbolehkan berjualan di atas sungai. Ada 16 warung yang telah berhasil direlokasi.

Baca juga:  Makin Gaya dengan Peci Custom

Ada dua jenis pengerjaan jalan di sana, yaitu rigid beton dan hot mix. Konstruksi rigid beton hanya 300 meter dari pantura sampai jembatan dengan lebar 6 meter. Sementara hot mix 5,3 kilometer. Pelebaran hanya dilakukan di jalan dekat Pasar Subah, semula 4,5 meter menjadi 6 meter.

Pengerjaan tersebut ditarget selesai tanggal 5 Agustus 2022. Saat ini pengerjaannya baru tahap awal. Mencapai 3,5 persen. “Kami optimis pengerjaan hot mix bisa rampung sebelum lebaran. Anggaran total Rp 7,1 miliar,” tandasnya. (yan/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya