alexametrics

50 Persen Jalan Kelurahan di Kecamatan Batang Rusak

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Sekitar 50 persen jalan kelurahan di Kecamatan Batang rusak. Hal ini menjadi perhatian serius Camat Batang Luksono Pramudito. Pihaknya terus mengupayakan agar dapat mendapatkan jatah anggaran perbaikan. Apalagi Kecamatan Batang menjadi salah satu kecamatan yang menjadi prioritas untuk penataan.

Kecamatan Batang merupakan wajah kota Batang di samping Kecamatan Limpung dan Bandar. “Jalan-jalan di lingkungan kelurahan ini banyak yang rusak. Mereka tidak bisa menganggarkan sendiri seperti desa. Ada juga beberapa jalan Kabupaten di wilayah kami yang ada di lingkungan desa juga rusak. ,” kata Luksono.

Ia menambahkan, kondisi tersebut jelas menjadi persoalan serius. Kalau untuk desa bisa menganggarkan alokasi melalui Dana Desa. Bahkan, kondisi jalan di kelurahan tidak bisa semulus di desa. Kecamatan Batang sendiri memiliki sembilan kelurahan.  “Ya akhirnya muncul kecemburuan, karena tidak bisa mengalokasikan anggaran sendiri,” ujarnya.

Baca juga:  Polemik Islamic Center Batang Meruncing, Warga Berbalik Arah Menolak

Kondisi jalan di tengah pemukiman mayoritas hampir sama. Banyak yang rusak dan dikeluhkan warga setempat. “Harapan kami ya, jalan-jalan masuk gang di kelurahan itu bisa sama seperti di desa. Tercover penganggaran untuk perbaikan,” ucapnya.

Jalan-jalan tersebut masuk ranah Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kabupaten Batang. Namun, dinas terkait belum sampai menyentuh ranah tersebut. Sehingga pihak kelurahan hanya mengandalkan Dana Kelurahan.

Anggaran tersebut sudah berjalan tiga tahun, tapi dihentikan tahun ini. Dana Kelurahan mengakomodir kegiatan fisik proyek yang nilainya tidak begitu besar. “Dana tersebut nominalnya bisa mencapai Rp 1 miliar. Pemanfaatannya, 30 persen untuk pemberdayaan dan 70 persen untuk sarpras,” tambah Luksono. (yan/fth)

Baca juga:  Pasar Minggon Jatinan Batang Buka Lagi

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya