alexametrics

Pemkab Buka 887 Formasi PPPK

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Pemkab Batang memastikan membuka 887 formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun ini. Seleksi PPPK 2022 difokuskan merekrut tenaga pendidik, tenaga kesehatan, dan tenaga penyuluh. Formasi guru mendapat porsi paling banyak yaitu 91, 4 persen.

“Tidak ada formasi CPNS. Ini sesuai kebijakan pemerintah pusat yang memprioritaskan rekrutmen PPPK tahun 2022. Memang formasinya paling banyak PPPK guru, ada 810 formasi sendiri,” ujar Sekretaris BKD Kabupaten Batang Helmi kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Selain guru, ada 42 formasi tenaga medis dan 35 tenaga teknis. Tenaga teknis difokuskan untuk Dinas Pangan dan Pertanian (Dispaperta). Formasi tersebut telah disesuaikan dengan kebutuhan pegawai di Kabupaten Batang.

Baca juga:  PT BPI Sumbang 3.372 Kantong Darah

“Tenaga guru dan kesehatan banyak kurang terutama guru, karena banyak yang memasuki masa pensiun. Untuk jadwal rekrutmen masih menunggu dari Kementerian PAN RB RI,” ujarnya.

Usulan telah disesuaikan dengan kemampuan anggaran daerah. Pertimbangannya adalah honor PPPK itu sendiri diambilkan dari APBD. Semestinya gaji PPPK masuk dalam alokasi Dana Alokasi Umum (DAU). Namun prakteknya, tidak ada penambahan DAU dari pusat.

“Maka, benar-benar harus kita sesuaikan, meskipun sebenarnya kebutuhan tenaga guru banyak,” tambahnya. Ia berharap, formasi tersebut bisa terisi penuh. Terutama formasi tenaga kesehatan yang berkali-kali dibuka, tetapi masih sepi peminat. (yan/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya