alexametrics

PTM Terbatas Lagi, Mental Siswa Terganggu

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas kembali dijalankan di Kabupaten Batang. Padahal sebelumnya sudah diterapkan PTM 100 persen. Kerapnya pergantian kebijakan di dunia pendidikan ini membuat mental sejumlah siswa terganggu dan jengah belajar.

“Anak-anak jenuh jika belajar daring, jadi banyak yang malas mengerjakan tugas,” kata Wakil Kepala SMPN 1 Batang Dinok Sudiami, Senin (7/3).

Ia menambahkan, sebagian siswa justru kembali tidak mengikuti pembelajaran daring sebagaimana mestinya. Selain itu, tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru. Hal tersebut, terbukti saat jadwal pertemuan berikutnya, siswa tidak mengumpulkan tugas sekolah. Hanya beberapa siswa saja yang mau mengerjakan. “Kami memastikan, siswa didik sudah sangat jenuh dengan pola pembelajaran daring,” ujarnya.

Baca juga:  Sadis! Hanya karena Cemburu Lihat Chat, Suami Tega Bunuh Istri

Para siswa mayoritas menginginkan kembali PTM 100 persen. Dengan begitu bisa bertemu dengan teman dan guru secara langsung. Pembelajaran juga lebih variatif dan maksimal. Dibandingkan dengan belajar sendiri di rumah. “Siswa juga mengaku lebih senang bisa berkumpul dan bercengkrama dengan teman-temannya,” tambahnya.

Dalam pembelajaran daring di awal masa pandemi, sudah memanfaatkan aplikasi ID dari Kemendikbud Ristek. Tapi waktunya sangat terbatas. Jadi tetap menggunakan WhatsApp untuk pengiriman tugas-tugas. Selain itu, Kemendikbud Ristek telah memberikan bantuan kuota belajar sebesar 10 GB. “Tapi tetap belum maksimal, karena ada sebagian anak yang menggunakannya untuk bermain video game online,” akunya.

Pihak sekolah terus mencari solusi untuk mengatasi persoalan pembelajaran. Akhirnya diterapkan pola pembelajaran kolaborasi. Antara daring dan luring. Guru yang harus proaktif. Hal itu membuat anak didik mengikuti pola pembelajaran dengan baik. “Pola daring luring ternyata efektif, siswa jadi semangat belajar, semua tugas yang diberikan selesai,” tambahnya. (han/fth)

Baca juga:  PTM dan PJJ Kimia Asyik dengan Power Point dan Google Meet

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya