alexametrics

Mayoritas Armada Pengangkut Sampah di Batang Sudah Tak Layak

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Armada pengangkut sampah milik Pemerintah Kabupaten Batang sudah tak layak jalan. Kondisinya kurang terawat. Meski begitu, armada tersebut tetap beroperasi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Batang, Handy Hakim menjelaskan, kondisi itu terjadi karena minimnya anggaran pemeliharaan.

“Anggaran perbaikan untuk armada hanya Rp 100 juta. Jumlah armada kami ada 30. Terdiri atas truk sampah, viar, armrol, elsapek. Sangat jauh dari cukup,” kata Handy.

Ia mencontohkan harga satu ban truk antara Rp 1,6 juta hingga Rp 1,8 juta. Sementara armadanya saat ini banyak beroperasi dengan ban yang sudah tipis.

Menurutnya, kebutuhan armada tidak hanya ban saja, tapi juga servis hingga perbaikan mesin. Misalnya, tidak sedikit chasis truk yang rusak. Bahkan beberapa armada juga sudah tidak bisa beroperasi dan hanya terparkir di TPA Randukuning.

Baca juga:  Lombakan Taman dan Gapura Ecobrick

Di sisi lain, pihaknya juga kekurangan armada alat berat untuk mengeruk sampah. Saat ini, dari dua alat berat yang berfungsi hanya satu. “Yang satu rusak terbakar, dan biaya perbaikannya jelas besar. Untuk yang satunya juga sering rusak,” katanya.

Menurutnya, alat berat sangat vital untuk mengatur sampah di TPA Randukuning yang overload. Alat berat harus beroperasi tiap hari, jika berhenti maka akan terhambat.

Handy menambahkan, anggaran perbaikan alat berat pun hanya Rp 80 juta per tahun. Anggaran itu hanya untuk menyervis satu-satunya alat berat yang berfungsi.

Selain masalah pemeliharaan armada, dari sisi jumlah pun masih terbilang kurang. Idealnya dalam satu kecamatan besar, semisal Gringsing, butuh dua armada truk. Sementara ketersediaan truk saat ini hanya 17 unit, tersebar di seluruh kecamatan.

Baca juga:  Mewaspadai Bahaya Metode Calistung dalam Pendidikan Anak Usia Dini

“Untuk anggaran, kami hanya punya sekitar Rp 6 miliar, dari nominal itu Rp 5 miliar untuk honor tenaga. Sangat terbatas,” jelasnya. (yan/zal)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya