alexametrics

Pusat Oleh-Oleh Teras Pandawa Beroperasi 9 Maret

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Batang Teras Pandawa (BTP) siap beroperasi pada 9 Maret 2022. Area tersebut disiapkan untuk menjadi rujukan pusat oleh-oleh dan UMKM di Kabupaten Batang. Pengelolaannya kini diserahkan kepada paguyuban.

“Secara administrasi ini sudah selesai semua. Kemarin kami dua kali melakukan lelang pengelola tidak ada yang tertarik. Karena itu kami serahkan ke paguyuban. Secara aturan perundang-undangan itu diperbolehkan,” ujar Bupati Batang Wihaji saat meninjau BTP Senin (21/2) sore.

Ia menjelaskan, teknis dan pengelolaan ke depan diserahkan secara keseluruhan pada paguyuban BTP. Sebelumnya, nilai lelang pengelola sendiri Rp 200 juta untuk satu tahun pengelolaan. Area seluas 6.889 meter persegi itu memiliki 63 stan.

Baca juga:  Demplot Kakao Mulai Membaik

Walaupun diserahkan pada pengelolaan, Wihaji menginginkan stan di BTP diisi oleh warga Batang. Masing-masing kecamatan diberi ruang untuk perwakilan. Ada 30 stan yang bisa dimanfaatkan perwakilan 15 kecamatan. Satu kecamatan diberi dua ruang. Jika tidak ada yang mengisi bisa dialihkan ke warga dari kecamatan lain.

Masyarakat bisa menyewa kepada paguyuban. Bisa dibayar dengan cicilan maupun langsung. Harganya mulai Rp 600 ribu untuk ukuran 2×2 meter, Rp 750 ribu untuk 2×2,5 meter, dan 3×3 meter seharga Rp 1 juta. Saat ini sudah ada 34 orang yang mem-booking kios. “Ekonomi kreatif, makanan, oleh-oleh dan produk lainnya tersedia di BTP,” terangnya.

Pembangunan BTP sendiri menghabiskan anggaran Rp 5,9 miliar. Berasal dari APBD tahun 2020 dan 2021. Selain stan, ada area panggung terbuka, game zone, musala, dan ruang rapat. (yan/zal)

Baca juga:  Jabatan Berakhir 22 Mei 2022, Wihaji-Suyono Siap Maju Lagi

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya