alexametrics

Kembangkan Potensi Cokelat Sehat, Tak Bikin Gemuk, Baik untuk Kesehatan Jantung

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Kabupaten Batang memiliki potensi besar di bidang produksi cokelat. Lahan perkebunan kakao tersebar di berbagai kecamatan. Meski begitu, pengusaha maupun UMKM produsen cokelat sangat jarang dijumpai. Terutama untuk produksi cokelat yang sehat.

Menurut kepala produksi Pusat Pengembangan Kompetensi Industri Pengolahan Kakao Terpadu (PPKIPKT) Kabupaten Batang, Nurhadi Agus Tugiyono, hal itu karena kalah saing dengan produsen cokelat ternama dan persaingan harga.

Nurhadi mengatakan, potensi cokelat ini harus dikembangkan, utamanya cokelat sehat. Banyak beranggapan cokelat bikin gemuk, gigi berlubang, dan lain sebaganya. Padahal penyebabnya bukan cokelat, tapi campurannya yang memiliki porsi banyak seperti gula. “Sementara cokelat yang asli punya banyak manfaat bagi kesehatan,” katanya.

Baca juga:  Video Truk Oleng di Batang yang Bikin Celaka, Pengemudinya Masih Kelas 1 SMK

Ia menjelaskan, cokelat murni punya manfaat besar bagi kesehatan jantung, regenerasi sel-sel tubuh, meningkatkan mood, dan lainnya. Khasiat itu terbesar dimiliki cokelat jenis dark brown.

“Cokelat murni itu saat ini dianggap jarang dilirik orang. Mindset masyarakat sudah tergambar bahwa cokelat itu yang manis. Sementara cokelat yang murni cenderung ke pahit,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Laboratorium PPKIPKT Kabupaten Batang Tri Widianto mengatakan, PT UGM Cocoa Teaching Industry sudah mempraktekkan produksi cokelat batangan berkualitas. Cokelat yang bagus untuk kesehatan itu memiliki nilai jual jauh lebih tinggi. Karenanya, ia tidak memasarkan produk cokelat batangan buatannya.

Cokelat-cokelat itu hanya digunakan untuk keperluan perusahaan dan kampus. Seperti sampel atau hidangan bagi para tamu di universitas. “Walaupun soal rasa bisa diadu, tapi karena harga yang mahal orang pasti jarang yang melirik,” tandasnya. (yan/zal)

Baca juga:  GOR Indoor Abirawa Batang Diresmikan Maret

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya