alexametrics

Terdampak KITB, 837 Pekerja PTPN IX Dapat Prioritas

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BATANG – Sebanyak 837 pekerja PTPN IX terdampak pembangunan Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB). Sebelumnya mereka menjadi ujung tombak pemeliharaan lahan perkebunan di wilayah tersebut. Total ada 3.600 hektare yang beralih fungsi menjadi lahan industri.

Direktur PT PN IX, Dody Ristiawan mengatakan, alasan itu melatarbelakangi pihaknya untuk menjalin kerja sama dengan Pemkab Batang. Tujuannya untuk peningkatan kompetensi SDM yang terdampak.

Dody menyebut, perlu sinergitas untuk membuat SDM pekerjanya bisa ambil bagian dalam hadirnya KITB. Peningkatan keterampilan akan digenjot sesuai kebutuhan industri.

“Semuanya warga Batang. Nanti kami upskilling kompetensinya, sehingga bisa masuk dan terserap di bisnis-bisnis baru di KITB,” jelasnya.

Baca juga:  Batang Segera Punya UPT Metrologi Legal

Ia mengatakan, dalam area KITB akan ada balai latihan kerja Pemkab Batang. Pihaknya memastikan, pekerja yang terdampak KITB bisa memperoleh layanan pelatihan.

“Bisnis perkebunan itu benar-benar bisnis yang memberdayakan masyarakat sekitar. Hampir semua masyarakat lokal yang jadi karyawannya PTPN IX,” imbuhnya.

Bupati Batang Wihaji ingin warga sekitar tidak hanya jadi penonton. Atas dasar itulah, pihaknya akan mendukung penuh peningkatan kompetensi SDM untuk pemenuhan kebutuhan KITB.

“Untuk peningkatan pekerja PTPN IX, kami akan menyiapkan model dan kebutuhan keterampilan yang sesuai. Tentu untuk kebutuhan kompetensi yang tahu adalah PT PN IX,” tegasnya. (yan/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya