alexametrics

Berpotensi Terjadi Longsor Susulan, Pembersihan Material Tertunda

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Bupati Batang Wihaji bersama jajarannya meninjau lokasi longsor di Desa Pranten, Kecamatan Bawang, Senin (10/1) sore. Berbagai langkah telah disiapkan pasca longsor, salah satunya membiarkan material longsoran sampai longsor susulan terjadi.

Pembersihan material longsor yang menutupi jalan akan dilakukan usai situasi kondusif. Yaitu saat tidak tersisa lagi mahkota longsor atau setelah longsor susulan terjadi. Longsor yang terjadi saat malam tahun baru 2022 ini telah menciptakan 1,7 juta meter kubik material longsor. Jaraknya hanya 900 meter dari permukiman warga.

“Dari hasil rekomendasi Dinas ESDM, kami akan membersihkan material yang menutup jalan, membuat jembatan darurat dan memperbaiki pipa air bersih milik masyarakat. Kami masih menunggu longsor susulan terjadi,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Batang Ulul Azmi usai meninjau lokasi.

Baca juga:  Kembali Diintimidasi, Kepala BPD Lapor Polisi

Ia menjelaskan bahwa wilayah yang nengalami pergerakan tanah seluas 8,5 hektare dengan panjang 1 kilometer. Kedalaman bidang gelincir diperkirakan mencapai 20 meter.

“Untuk mitigasi vegetasi kami disarankan untuk menanam penguat tebing dengan tanaman tegakan. Kondisi tanahnya memang labil. Sejak dahulu di lokasi tersebut sering terjadi longsor. Masyarakat dahulu pernah tinggal di sana, mereka pindah ke Dukuh Rejosari saat ini,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Batang Wihaji usai meninjau lokasi menjelaskan, permasalahannya cukup rumit. Langkah darurat sesuai rapat dengan tokoh masyarakat desa, mereka meminta tetap ada akses jalan. Jalan lama akan diperbaiki dengan dana desa untuk memperlancar akses ekonomi dan pendidikan.

“Jadi langkah pertama itu. Langkah keduanya nanti sambil melihat cuacanya. Pasti akan dibersihkan material dan memperbaiki jalannya. Melihat longsoran agak ngeri juga. Karena ada potensi longsor susulan, jika hujan turun dengan intensitas tinggi secara terus menerus,” tegasnya. (yan/ida)

Baca juga:  Siapkan 10 Hektare untuk Politeknik di KIT

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya