alexametrics

DIPA Polres Batang Naik, Dua Polsek Justru Turun

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Pagu anggaran tahun 2022 di dua Polsek di wilayah Kabupaten Batang mengalami penurunan. Padahal anggaran Polres Batang tahun 2022 mengalami kenaikan 5,46 persen. Penurunan anggaran Polsek itu berdasarkan evaluasi terkait efisiensi penggunaan anggaran tahun ini, karena serapan anggaran dianggap kurang.

“Beberapa Polsek mengalami pengurangan anggaran. Seperti Batang Kota dan Wonotunggal. Evaluasi tahun sebelumnya tidak maksimal,” kata Kapolres Batang AKBP Irwan Susanto usai sosialisasi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2021 pada Jawa Pos Radar Semarang Kamis (18/11/2021).

Ia menjelaskan, tahun 2022 Polres Batang mendapatkan anggaran Rp 62,6 miliar. Mengalami kenaikan Rp 3,2 miliar dibandingkan tahun sebelumnya. Anggaran itu dialokasikan untuk belanja pegawai sebesar Rp 42,2 miliar dan belanja barang Rp 20,3 miliar. Alokasi belanja pegawai mengalami kenaikan dari Rp 40,2 miliar tahun lalu, sedangkan belanja barang tahun lalu Rp 19 miliar.

Baca juga:  Pemkab Pidie Tertarik Tiru Mal Pelayanan Publik Batang

Sedangkan, penurunan Pagu Polsek Batang dari Rp 207, 9 juta menjadi Rp 167,4 juta atau turun Rp 40,5 juta. Sementara di Polsek Wonotunggal Pagu-nya turun Rp 4,2 juta, dari Rp 166,8 juta menjadi Rp 162,6 juta.

“Kita ketahui bahwa anggaran yang diterima sangatlah besar. Kami wajib menjaga bersama-sama. Baik dalam sisi perencanaan, penganggaran, dan dalam implementasi pelaksanaannya. Sehingga output dan outcome kegiatan tahun 2022 dapat tercapai maksimal. Bisa menyerap seluruh anggaran yang ada,” ucapnya.

Bupati Batang Wihaji mengatakan, Pemkab Batang ikut membantu Polres Batang dengan anggaran lebih dari Rp 1 miliar. Pihaknya siap mendukung kegiatan yang dilakukan Polres Batang. “Ini kewajiban kita selaku kepala daerah untuk men-support Polres Batang dengan menyesuaikan keuangan daerah,” tegasnya. (yan/ida)

Baca juga:  Petani Masih Kesulitan Pupuk

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya