alexametrics

Overload, TPA Randukuning Batang Diperkirakan Hanya Bertahan 3 Bulan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Kabupaten Batang darurat tempat pembuangan akhir (TPA) sampah. TPA Randukuning Desa Tegalsari, Kecamatan Kandeman sudah over kapasitas dan diperkirakan hanya bertahan 3 bulan ke depan. Bangunan di sekitar lokasi pun akan dirobohkan untuk perluasan.

Kepala DLH Kabupaten Batang, A Handy Hakim mengatakan, perobohan beberapa bangunan dilakukan di dalam area TPA Randukuning. “Ada sekitar dua sampai tiga bangunan, total luasnya sekitar 450 meter persegi. Lahannya nanti bisa dimanfaatkan untuk menampung sampah hingga enam bulan ke depan,” ucapnya.

Proses perobohan bangunan masih menunggu penghitungan aset. Beberapa aset itu kondisinya sudah rusak, berkarat, dan tidak bisa dimanfaatkan lagi. Pembongkaran tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat. Kalau tidak dilakukan perluasan, daya tampungnya diperkirakan hanya akan bertahan 2 hingga 3 bulan ke depan.

Baca juga:  Cucu Bermain Korek Api, Ruang Tamu Terbakar

Hal itu karena TPA Randukuning yang berada di area Kota Batang menampung sampah dari seluruh kecamatan. “Hingga saat ini kita belum menemukan solusi itu, kemarin dari Bapelitbang, FS-nya baru dibuat, dan kemungkinan baru bisa action di tahun 2023,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Batang Wihaji saat ditemui di kantornya mengakui bahwa konsep pengelolaan sampah di Kabupaten Batang salah. Pembuangan sampah dilakukan dari desa menuju kota. Sampah diangkut dari kecamatan-kecamatan lalu dibuang ke TPA yang ada di perkotaan. Seharusnya adalah kebalikannya.

“Mungkin dulu masih bisa dikelola, tapi sekarang sudah penuh. Tapi persoalan sampah dimana-mana sama, pasti ada solusi. Tahun ini sudah kami minta pada DLH dimaksimalkan kerjasama dengan swasta,” ujarnya.

Baca juga:  Satu ASN Wajib Sumbang Lima Masker

Pihaknya sudah menyiapkan tiga rencana pengelolaan sampah. Rencana A adalah bergabung dengan lahan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang. Lalu rencana B adalah pinjam pakai lahan Perhutani, dan rencana C adalah bekerjasama dengan swasta. (yan/ton)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya