alexametrics

PBB Tol Semarang-Batang Didiskon Rp 1,4 M

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kendal memberikan pengurangan pembayaran pajak kepada PT Jasamarga Semarang-Batang (JSB). Khususnya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) untuk Jalan Tol Semarang-Batang yang melintas di wilayah Kendal. Besarnya pengurangan pembayaran PBB tersebut mencapai Rp 1,472 miliar atau 20 persen dari total yang harus dibayarkan sebesar Rp 7,261 miliar.

“Jadi, tahun ini PT JSB hanya membayar PBB sebesar Rp 5,8 miliar saja,” kata Kepala Bakeuda Kendal Agus Dwi Lestari, Rabu (8/9/2021).

Besaran pembayaran pajak tersebut untuk lahan Jalan Tol Semarang-Batang yang berada di sepanjang Kaliwungu-Weleri. Total panjangnya mencapai 26 kilometer, dan luas lahan 2.327 hektare.

Pengurangan pembayaran PBB ini nilainya sama dengan 2020 lalu. Pertimbangan pengurangan PBB yang harus dibayarkan tersebut lantaran PT JSB mengalami defisit pemasukan. Disebabkan kondisi pandemi Covid-19.

Baca juga:  Bupati Dico Lantik 386 Pejabat di Tempat Sampah

“Pandemi Covid-19 ditambah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mengakibatkan mobilitas warga berkurang. Hal itu berdampak mobilitas kendaraan yang melalui Tol Semarang-Batang berkurang. Akibatnya, mereka mengalami defisit,” tuturnya.

Pengurangan pembayaran pajak sebesar 20 persen, diakuinya, tidak serta-merta diberikan oleh Bakeuda. Melainkan melalui proses pengajuan kemudian dilakukan kajian oleh tim. Selain itu, pengurangan pajak di atas Rp 50 juta juga harus melalui persetujuan Bupati Kendal.

Diakui, PT JSB mengajukan permohonan pengurangan pajak. Kemudian Bakeuda melakukan kajian bersama oleh tim, yakni Sekda, para Asisten Setda Kendal, Bagian Pemerintahan, dan Inspektorat. “Hasilnya kami menerima laporan keuangan PT JSB yang memang mengalami defisit selama pandemi Covid-19,” katanya.

Baca juga:  Dua Pelaku Pembacokan saat Konvoi Kelulusan Ditangkap

Kepala Bidang Administrasi Pendapatan Dhian Ari Nugroho mengatakan, pemberian pengurangan pajak ini adalah tahun kedua selama pandemi Covid-19. Pada 2020 lalu, Bakeuda juga telah memberikan pengurangan pajak yang sama sebesar 20 persen. “Pemberian pengurangan pajak ini hal wajar. Justru ini jadi stimulus agar wajib pajak segera membayar pajaknya. Kota Semarang malah memberikan diskon 21 persen kepada PT JSB,” ujarnya.

Ia berharap, PT JSB yang sudah mendapatkan keringanan pajak segera melakukan pembayaran PBB. “Pengurangan pajak ini hanya untuk jalan saja. Untuk Rest Area belum kami hitung berapa nilai PBB-nya,” katanya. (bud/aro)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya