alexametrics


200 UMKM Digilir Keliling Kantor OPD

Rekomendasi

RADARSEMARANG.ID, Batang – Sekitar 200 UMKM di Kabupaten Batang digilir keliling kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dalam kelompok kecil, mereka bersama-sama mendirikan stan tiap Rabu. Produk makanan hingga furniture dipajang di halaman kantor OPD yang telah ditentukan.

“Program ini tidak hanya di Kecamatan Batang yang banyak kantor dinasnya, di tiap kecamatan ada semua. Sudah sebulan ini nglarisi dodolan UMKM jalan, kami gelar stan tiap Rabu. Siapa saja boleh ikut, yang penting sudah pernah mendaftar di Disperindagkop,” ujar Agus Junaidi, koordinator nglarisi dodolan UMKM kategori makanan Kecamatan Batang saat membuka stan di depan kantor PKK Batang Rabu (8/9/2021).

Ia menjelaskan, di Kecamatan Batang, kegiatan nglarisi dodolan UMKM itu sudah berjalan 3 kali. Sementara total di seluruh Kabupaten Batang sudah berjalan 38 kali di berbagai kantor OPD. Omzet program itu untuk jenis makanan mencapai Rp 36 juta dalam sebulan. Sementara omzet total sekitar Rp 60 juta.

Nglarisi dodolan UMKM merupakan program untuk membantu perekonomian pelaku UMKM yang terdampak pandemi. Melalui program itu, para ASN membeli produk UKM Batang.

Kemarin, Uni Kuslantasi Wihaji, ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Batang terlihat ikut memborong beberapa dagangan. “Alhamdulillah ini ikhtiar dari pemerintah daerah. Karena dengan kondisi pandemi tentu UMKM ini yang paling terdampak. Mereka sehari berjualan, ya seharu itu untuk makan,” ucapnya.

Seorang pengrajin batik, Sulistierni, 42, mengaku terbantu dengan program tersebut. Sebelumnya aktivitas produksi batiknya berhenti selama pandemi. Tidak ada permintaan dari pasar yang biasa menjadi target jualannya. Selama pandemi ia hanya mengandalkan pasar digital. “Saya sempat beralih bikin masker batik, lumayan ramai awal-awal. Tapi sekarang sudah mulai menurun,” ujar Erni. (yan/ton)

 

Artikel Menarik Lainnya

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya