alexametrics

Pasang Bronjong di Dasar Laut, Tahan Abrasi Pantai Sigandu

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Bronjong sepanjang dua kilometer berhasil menahan laju abrasi di Pantai Sigandu. Alat penahan gelombang itu dipasang di dasar laut, sekitar 100 meter dari bibir pantai.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Batang Achmad Handy Hakim mengatakan, beberapa tahun lalu, abrasi mengikis 50 sampai 80 meter sepanjang bibir Pantai Sigandu. Namun seiring pemasangan bronjong di dasar laut, abrasi bisa diatasi.

“Beberapa tahun lalu kami pasang bronjong penahan gelombang sepanjang dua kilometer. Itu tidak terlihat, karena lokasinya di dasar laut sekitar 100 meter dari bibir pantai saat ini,” katanya pada Jawa Pos Radar Semarang.

Alat penahan gelombang itu didatangkan dari China. Karena di Indonesia tidak ada yang memproduksi. Pembangunan dilakukan pada 2018 hingga 2019.

Baca juga:  Sedulur FC Ramaikan Sepinya Kompetisi

Karena abrasi, saat ini bibir pantai berada di lahan-lahan yang dimiliki warga. Lahan sebagian ikut tergerus abrasi. Memanfaatkan situasi yang ada, pemilik lahan kini membangun kafe-kafe pinggir pantai di tanah pribadinya.

Alhamdulillah saat ini hasilnya bisa dirasakan. Abrasi bisa dikatakan sudah berhenti. Namun kita perlu tetap waspada. Tidak menutup kemungkinan terjadi lagi,” tandasnya. (yan/zal)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya